• Our Partners:

Pembaruan Windows KB4559309 Bikin Lemot

Microsoft Akhirnya ‘Matikan’ Pembaruan Windows KB4559309 Yang Bikin Lemot PC

NESABAMEDIA.COMSetelah setidaknya dua bulan membuat para pengguna Windows 10 terganggu dengan berbagai permasalahan yang muncul, Microsoft akhirnya ‘mematikan’ penyebab gangguan itu yang diketahui bersumber dari pembaruan Windows KB4559309. 

Kehadiran pembaruan Windows KB4559309 pada awalnya digunakan untuk mengganti versi lama web browser Edge, dengan sistem web browser Edge yang lebih baru dan telah ditingkatkan dengan berbasis Chromium. Sayangnya, setelah menginstal pembaruan Windows KB4559309, para pengguna justru merasakan booting Windows 10 menjadi lebih lambat dan perangkat mereka berjalan lebih berat dari biasanya.

Parahnya lagi, pembaruan Windows KB4559309 ini terunduh dan terinstal secara otomatis, sehingga pengguna tidak memiliki kesempatan untuk tidak menginstalnya. Dalam hal ini, begitu pembaruan itu terinstal di perangkat, maka proses uninstalnya adalah masalah baru lagi. Tidak ada jalan lain yang bisa dilakukan pengguna untuk melakukan uninstall pembaruan tersebut, kecuali dengan terpaksa menjalankan System Restore

Para pengguna pun membanjiri halaman Microsoft dengan beragam keluhan yang mayoritas menyebut perangkat mereka berjalan jadi lebih berat dan lambat daripada biasanya. Mereka juga bertanya, bagaimana bisa pengguna dipaksa harus mengupdate salah satu aplikasi (browser Edge) dan efeknya bisa sangat fatal pada performa perangkat. Padahal, mereka juga mengaku tidak pernah menggunakan atau menjalankan browser Edge tersebut. 

Pihak Microsoft saat itu hanya bisa memberikan penjelasan bahwa mereka sedang melakukan investigasi atas masalah yang muncul. Salah satu moderatornya meminta para pengguna untuk mengirimkan laporan agar pihaknya bisa mendapatkan informasi secara lebih detail dan akurat.

Setelah mendapatkan banyak sekali keluhan terkait pembaruan tersebut, Microsoft akhirnya memutuskan untuk mematikan pembaruan itu dan menggantinya dengan KB4576754 yang sejauh ini mampu menghilangkan permasalahan yang muncul sebelumnya. 

Pembaruan KB4576754 ini juga merupakan pembaruan otomatis, dan tetap mengubah browser Edge dengan sistem dan versi yang lebih baik. Lebih lanjut dalam halaman supportnya, Microsoft menjelaskan jika KB4576754 ini akan menggantikan pembaruan KB4541301, KB4541302, dan KB4559309. 

Meski masalah pembaruan Windows yang berdampak pada perangkat pengguna ini bukanlah hal yang baru, namun keputusan dan kecepatan Microsoft dalam melakukan perbaikan juga patut diacungi jempol.

Leave a Reply

Send this to a friend