Microsoft Bakal Kembalikan Fitur Drag & Drop Taskbar di Windows 11

Microsoft Bakal Kembalikan Fitur Drag & Drop Taskbar di Windows 11

NESABAMEDIA.COMDi saat Microsoft mengumbar janji untuk mengembangkan pengalaman Windows ke tingkat berikutnya dengan Windows 11, Microsoft juga menghapus atau mengurangi banyak fitur yang sebelumnya ada di Windows 10.

Salah satu area yang paling dikritik dari pengalaman Windows 11 itu terkait dengan fitur Taskbar yang baru. Microsoft menghilangkan banyak fitur Taskbar yang sebelumnya ada di Windows 10 di Windows 11 dan pengguna pada akhirnya menyampaikan kritikan mereka lewat halaman feedback Microsoft.

Salah satu fitur Taskbar yang dihilangkan Microsoft di Windows 11 adalah “Drag & Drop file pada ikon aplikasi di Taskbar untuk meluncurkannya di dalam aplikasi”. 

Pengguna Windows 11 melaporkan bahwa ketika melakukan drag & drop file atau folder ke Taskbar, sebuah ikon peringatan akan muncul, yang mencegah pengguna untuk melakukan hal itu. Pengguna pun berharap bahwa Microsoft akan memperbaiki masalah ini menjelang peluncuran Windows 11 awal Oktober nanti, namun seperti yang sudah diperkirakan, perubahan ini bukanlah sebuah bug, jadi tidak akan diperbaiki pada versi awal Windows 11 yang dirilis resmi ke publik nantinya.

Kini, tampaknya Microsoft berencana untuk menghadirkan kembali fitur tersebut. Taskbar yang tidak terkunci sudah mendukung fitur drag and drop file untuk membukanya di aplikasi.

“Microsoft sedang berencana untuk menyelesaikan permasalahan dengan fitur drag and drop file di Taskbar Windows 11. Taskbar yang tidak dikunci telah mendukung kembali fitur tersebut, namun WindowsUdk justru mencegah fitur itu bekerja, dengan alasan sebagai fitur yang tidak didukung,” ungkat NTAuthority lewat cuitan akun Twitternya. 

Jadi, tampaknya Microsoft akan membawa fitur ini kembali di build mendatang, meskipun rilis Oktober Windows 11 mungkin akan melewatkan penambahan kembali fitur ini.

Windows 11 memang mengemas banyak peningkatan desain dan kegunaan melebihi Windows 10. Tetapi itu bukan berarti tanpa kekurangan, sebab ada banyak fitur Windows 10 yang hilang yang telah banyak dikeluhkan oleh pengguna. 

Bagi yang berminat, rilis pembaruan Windows 11 akan dikenal sebagai pembaruan Windows 11 Oktober 2021 atau Windows 10 versi 21H2 dan ditargetkan rilis 5 Oktober 2021. Windows 11 membawa banyak perubahan UI/UX, fitur baru, peningkatan kinerja dan kegunaan di atas Windows 10.

Leave a Reply

Send this to a friend