Aplikasi Asli Windows 11 Butuh Internet Saat Pertama Kali Dijalankan

Aplikasi Asli Windows 11 Butuh Internet Saat Pertama Kali Dijalankan

NESABAMEDIA.COMJika anda meluncurkan beberapa aplikasi asli pada sistem operasi Microsoft Windows 11 yang baru untuk pertama kalinya, anda mungkin memperhatikan bahwa aplikasi ini memerlukan pembaruan dari Internet, lebih tepatnya Microsoft Store, sebelum dapat diluncurkan pada sistem.

Jika perangkat offline saat pertama kali dijalankan, aplikasi seperti Sticky Note tidak dapat diluncurkan hingga sistem online dan mengunduh file yang diperlukan dari Microsoft Store.

Ide Microsoft di balik perubahan ini adalah untuk menghemat penyimpanan disk pada perangkat. Meskipun tidak jelas berapa banyak ruang disk yang dihemat dengan menggunakan placeholder untuk beberapa aplikasi di perangkat. Ini jelas bahwa beberapa pengguna akan mengalami masalah saat mereka meluncurkan aplikasi untuk pertama kalinya.

Notifikasi bertuliskan, “[APP] membutuhkan pembaruan. Kami menyiapkan pembaruan untuk anda” ditampilkan saat aplikasi semacam itu dimulai untuk pertama kalinya di perangkat.

Pengguna Windows 11 perlu memastikan bahwa perangkat terhubung ke Internet jika mereka ingin meluncurkan aplikasi asli ini. Sebagian besar PC Windows 11 terhubung secara permanen ke Internet, tetapi beberapa mungkin tidak.

Mungkin saja dalam beberapa kasus jaringan internet tidak tersedia sepanjang waktu, seperti saat bepergian, atau ada gangguan Internet ataupun koneksi Internet yang tidak stabil. Aplikasi Map memerlukan konektivitas Internet sebelum dapat digunakan. Jika anda meluncurkannya saat bepergian dan tanpa konektivitas Internet untuk pertama kalinya, anda tidak dapat menggunakannya.

Beberapa aplikasi bisa bekerja secara langsung, termasuk Notepad, Calculator, Kalender, Musik Groove dan Microsoft Paint. Sedangkan aplikasi asli lainnya, termasuk Sticky Note, Microsoft To-Do, Map, dan Alarm & Clock memerlukan koneksi Internet saat pertama kali dijalankan.

Satu-satunya pilihan yang dimiliki pengguna Windows 11 adalah dengan menemukan pengganti untuk aplikasi ini, atau meluncurkan aplikasi saat Internet tersedia, mungkin saat pertama kali memulai sistem jika konektivitas Internet tersedia.

Microsoft seharusnya menandai aplikasi ini secara khusus untuk memudahkan membedakan antara yang memerlukan konektivitas Internet dan yang dapat langsung dijalankan, bahkan saat offline, untuk mempermudah pengguna mengetahui mana aplikasi yang bisa dipasang atau dijalankan terlebih dahulu atau tidak. 

Leave a Reply

Send this to a friend