PC Health Check Tool Kembali Diluncurkan Resmi ke Publik

PC Health Check Tool Kembali Diluncurkan Resmi ke Publik

NESABAMEDIA.COMMicrosoft menghabiskan tiga bulan terakhir untuk menguji “PC Health Check” untuk Windows 10, yakni sebuah alat gratis yang memungkinkan siapa saja untuk mengetahui mengapa PC mereka tidak memenuhi persyaratan perangkat keras minimum Windows 11. Setelah pengujian ekstensif, aplikasi pemeriksa kompatibilitas Microsoft akhirnya diluncurkan, keluar dari status beta dan sekarang tersedia untuk siapa saja yang ingin mencobanya.

PC Health Check tool pertama kali diterbitkan pada minggu terakhir bulan Juni, tetapi kemudian dihapus dari situs web perusahaan setelah pengguna mengeluhkan adanya masalah dengan aplikasi. Aplikasi ini kemudian dirilis ulang ke sejumlah pengguna di program Windows Insider untuk pengujian sebelum ditayangkan ke pengguna publik.

Versi Baru PC Health Check

Versi Baru PC Health Check

Versi revisi dari PC Health Check Tool kini telah tersedia di situs web perusahaan. Versi yang baru ini mengungkapkan informasi lengkap tentang mengapa perangkat tidak memenuhi persyaratan minimum Windows 11.

Akun media sosial Microsoft dan juru bicara belum berkomunikasi dengan pengguna tentang ketersediaan PC Health Check Tool. Alat ini sebelumnya terdaftar dengan status “segera hadir”, tetapi sekarang dapat diunduh dari tautan resmi.

Apa itu PC Health Check Tool?

Aplikasi ini telah dibuat untuk membantu orang menentukan apakah konfigurasi desktop mereka saat ini dapat menjalankan Windows 11 atau tidak. Jika perangkat anda tidak memenuhi persyaratan, anda mungkin perlu mengganti perangkat atau anda dapat menggunakan beberapa trik memasang Windows 11 dengan risiko yang harus anda tanggung sendiri.

Persyaratan Minimal Windows 11

Dengan Windows 11, Microsoft secara bertahap menghentikan dukungan untuk prosesor lama dan perangkat tanpa TPM 2.0. Tidak seperti Windows 10, Windows 11 memerlukan prosesor inti Intel generasi ke-8, Ryzen 2000 dan yang lebih baru.

Microsoft baru-baru ini meninjau kembali kinerja prosesor lama untuk melihat apakah ada di antara mereka yang diizinkan untuk Windows 11. Setelah pengujian ekstensif, Microsoft mengklarifikasi bahwa prosesor lama tidak akan didukung karena bisa menyebabkan BSOD dan masalah kompatibilitas driver, tetapi khusus untuk prosesor generasi ke-7 ini akan didukung:

  • Seri Core X dan Xeon W.
  • Prosesor Core 7820HQ Surface Studio.

Selain prosesor yang lebih baru, Windows 11 membutuhkan TPM, Secure Boot, memori 4GB, penyimpanan 64GB, dan persyaratan grafis.

Microsoft berencana untuk mengizinkan Windows 11 pada perangkat keras yang tidak didukung melalui file ISO dan Media Creation Tool, tetapi jangan mengharapkan pembaruan atau dukungan reguler dari Microsoft.

Leave a Reply

Send this to a friend