Microsoft Bantu Optimalkan Penggunaan Windows 10 Dengan Device Usage

Microsoft Bantu Optimalkan Penggunaan Windows 10 Dengan Device Usage

NESABAMEDIA.COMDengan adanya Windows 10, pengguna memiliki cara yang hampir tidak terbatas untuk melakukan penyesuaian di dalamnya. Microsoft pun kini sedang mengerjakan sebuah fitur personalisasi lain yang akan menyarankan alat dan layanan berdasarkan pada bagaimana pengguna berencana menggunakan perangkat yang dimiliki nantinya. Fitur tersebut adala Device Usage di Windows 10.

Selama beberapa bulan terakhir, Microsoft telah melakukan pengujian secara internal pada halaman “Device Usage” yang baru untuk aplikasi Settings yang memungkinkan sistem melakukan penyesuaian perangkat Windows 10 pengguna untuk penggunaan dengan kasus tertentu, seperti tugas sekolah, kebutuhan hiburan, gaming dan lainnya. 

Berdasarkan referensi yang terlihat pada Build Pratinjau, Microsoft ingin lebih memahami bagaimana pengguna berencana menggunakan perangkat mereka dan membantu pengguna untuk melakukan personalisasi pengalaman Windows dengan menyarankan sejumlah alat dan layanan yang dibutuhkan. 

Fitur Device Usage ini sekarang telah tersedia dalam versi pratinjau untuk beberapa pengguna dan kini juga telah berhasil diaktifkan untuk pengujian di mesin virtual. 

“Dapatkan saran yang disesuaikan untuk alat dan layanan berdasarkan bagaimana anda berencana menggunakan perangkat anda,” kata Microsoft dalam aplikasi Settings.

Tampilan Halaman Device Usage

Tampilan Halaman Device Usage

Seperti yang terlihat pada tangkapan layar di atas, pengguna akan bisa memilih beberapa kasus tertentu untuk penggunaan perangkat nantinya. Ada enam kategori yang bisa dipilih yakni: Gaming, Keluarga, Kreativitas, Tugas Sekolah, Hiburan dan Bisnis.

Pengguna bisa memilih lebih dari satu kategori. Misalnya, pengguna bisa memilih gaming dan sistem operasi akan membantu pengguna untuk menjelajahi game yang belum pernah dimainkan oleh pengguna sebelumnya. Begitu juga ketika memilih Hiburan, pengguna akan mendapatkan rekomendasi alat dan layanan untuk menonton video, menjelajahi internet dan terhubung ke media sosial. 

Sayangnya, masih belum jelas bagaimana Windows 10 akan melakukan pengoptimalan perangkat untuk kategori yang telah dipilih dan dimana pengguna akan menemukan saran untuk alat dan layanan di sistem operasi. 

Tahun lalu, Microsoft telah menambahkan halaman Device Usage yang sama pada tampilan Out Of The Box Experience (OOBE) untuk membantu pengguna menyetel perangkat baru mereka. Jadi kemungkinan halaman baru yang ada di aplikasi Settings ini merupakan tambahan untuk layar OOBE.

Leave a Reply

Send this to a friend