• Our Partners:

Microsoft Coba Pasang Iklan di File Explorer Windows 11

Microsoft Coba Pasang Iklan di File Explorer Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft telah mulai menguji pemasangan iklan untuk promosi produk-produk mereka lainnya di File Explorer di Windows 11. Saat ini, pengujian dilakukan di Windows 11 Build Insider paling anyar. 

Fitur iklan baru di File Explorer Windows 11 itu pertama kali ditemukan oleh pengguna Windows dan MVP Insider yang kemudian membagikannya ke internet. Itu adalah tangkapan gambar dari sebuah notifikasi iklan yang dimunculkan di atas daftar folder dan file yang ada di File Explorer, pengelola file default Windows. 

Iklan di File Explorer Windows 11

Iklan di File Explorer Windows 11

Seperti yang tampak pada tangkapan layar tersebut, Microsoft akan menggunakan semacam iklan untuk mempromosikan produk lain mereka. Contoh iklan yang muncul adalah ‘bagaimana untuk menulis secara percaya diri di dokumen, email, dan web dengan rekomendasi menulis tingkat lanjut dari Microsoft Editor’.

Seperti yang anda bayangkan, reaksi atas munculnya iklan tersebut sangat buruk. Banyak pengguna mengatakan bahwa File Explorer adalah tempat paling buruk untuk menempatkan iklan.

Sementara pengguna lain memperkirakan nantinya akan banyak yang meninggalkan File Explorer karena adanya iklan tersebut, dan beralih ke aplikasi pihak ketiga yang lebih baik.

Saat dilakukan uji coba sendiri, tidak ditemukan iklan pada File Explorer di Windows 11 tersebut. Sepertinya, pengujian ini dilakukan oleh Microsoft secara acak, atau eksperimen pengujian A/B, yang mencoba mengukur tingkat keberhasilan fitur dan akan mudah dinonaktifkan apabila mendapatkan protes dari pengguna. 

Ini bukanlah pertama kalinya Microsoft mencoba menambahkan iklan ke File Explorer. Pada tahun 2016 silam, Microsoft juga menampilkan iklan OneDrive pada aplikasi Windows. Namun sepertinya mereka tidak berhenti dengan rencana ini, dan itu mereka lakukan sekarang, walaupun respon pengguna masih sama, yakni memprotes langkah tersebut.

Sebelumnya, Microsoft juga mulai menampilkan iklan untuk Microsoft Edge di Start Menu Windows 10 setiap kali pengguna melakukan pencarian soal browser kompetitor, dengan menonjolkan penawaran Edge yang baru. 

Pengujian semacam ini juga menimbulkan konsekuensi yang cukup besar, di mana Start Menu dan Taskbar sempat mengalami kerusakan, ketika mereka mempromosikan Microsoft Teams kepada para pengguna di Windows Insider. 

Sementara itu pihak Microsoft menjelaskan bahwa banner iklan tersebut merupakan langkah eksperimen semata, yang pada dasarnya tidak ditujukan untuk diterbitkan ke eksternal, dan akhirnya fitur itu pun dimatikan. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend