Iklan Browser Micorosft Edge

Microsoft Tampilkan Iklan Browser Edge Yang Habiskan Seluruh Layar Pengguna

NESABAMEDIA.COMDalam versi Windows 10 Preview Build, Microsoft tengah melakukan strategi pengujian A/B untuk fitur baru yang dirancang guna mendapatkan perhatian penuh dari pengguna. Yang dilakukan Microsoft adalah dengan menampilkan iklan rekomendasi pemasangan browser Microsoft Edge yang menghabiskan seluruh layar, saat pengguna melakukan instalasi Windows 10 OOBE

Rekomendasi atau iklan browser Edge dengan ukuran penuh satu layar ini akan muncul ketika pengguna pertama kali melakukan instalasi sistem operasi Windows 10 di perangkat PC mereka. Selain itu juga muncul saat pengguna melakukan login setelah melakukan pembaruan sistem, atau saat mengklik banner iklan di halaman Settings.

Bersamaan dengan hadirnya pembaruan Windows 10 20H2 Oktober kemarin, Microsoft akhirnya telah mematikan browser Edge versi lama (legacy) yang telah hadir sejak munculnya Windows 10 pertama kali di tahun 2015. Browser Microsoft Edge telah ditingkatkan dengan kode pemrograman yang sama yang membentuk browser Google Chrome. Dan sekali lagi, Microsoft mendorong banner rekomendasi browser Edge ke tingkat lanjut, dan kini jauh lebih mengganggu pengguna daripada sebelumnya.

Pihak Microsoft rupanya ingin mempengaruhi dan meyakinkan pengguna browser rival mereka, yakni Chrome, saat mengakses halaman Setting di Windows 10 mereka, agar mau mencoba kelebihan yang ditawarkan oleh browser Edge. Pada halaman Settings, kini terpampang banner iklan baru yang muncul dan direkomendasikan untuk pengguna selain yang tergabung dalam program Windows Insider.

Tampilan Iklan Browser Microsoft Edge di Halaman Settings

Tampilan Iklan Browser Microsoft Edge di Halaman Settings

Seperti yang terlihat di tangkapan layar di atas, iklan rekomendasi browser Edge itu muncul di bagian atas. Banner itu bertuliskan “Get Even More Out of Windows (dapatkan lebih banyak lagi dari Windows).” Jika banner itu diklik, maka pengguna akan diarahkan ke halaman OOBE.

Dalam tampilan halaman OOBE, ada halaman baru yang muncul dengan judul “Use Recommended Browser Settings,” (Gunakan browser yang sudah direkomendasikan). Yang berarti menyarankan pengguna untuk me-restore browser Edge, dan kemudian menyematkannya di Desktop dan juga Taskbar. Serta menjadikan browser Edge sebagai aplikasi browser Default saat mengakses internet.

Biasanya iklan tersebut juga muncul ketika pengguna hendak mengatur browser Chrome atau Firefox sebagai browser default. Pengguna mungkin saja bisa mengabaikan iklan itu dengan memilih opsi “don’t update your browser settings.” Namun nantinya, iklan pop-up itu bisa muncul kembali. Dan sayangnya, pengguna tidak bisa mematikannya secara permanen di Windwos 10.

Leave a Reply

Send this to a friend