Microsoft Edge Dapatkan Integrasi Office dan Lebih Banyak Iklan

Microsoft Edge Dapatkan Integrasi Office dan Lebih Banyak Iklan

Browser berbasis Chromium, Microsoft Edge kini telah menjadi lebih populer ketimbang Firefox, yang utamanya dikarenakan bahwa browser ini sangat ringan dan menawarkan kinerja atau fitur yang lebih baik. Dalam Edge versi Canary, Microsoft kini sedang menguji coba integrasi Office untuk membantu pengguna mengakses aplikasi Microsoft 365 secara langsung dari menu browser Edge. 

Menu klik kanan atau menu konteks di Microsoft Edge untuk tab browser, kini akan berisi sebuah opsi baru yang bernama “New Office Tab”. Seperti namanya, opsi baru ini akan memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi online Microsoft Office seperti Word, PowerPoint dan Excel. 

Sepertinya, integrasi Office yang baru ini tidak akan menjadi eksklusif untuk pelanggan Microsoft 365 saja, jadi anda bisa mengaksesnya dengan akun Microsoft normal juga. Seperti halnya opsi lain yang ada di menu konteks, sepertinya pengguna tidak akan bisa menonaktifkan fitur New Office Tab tersebut. 

Pada sebuah thread di forum Reddit, beberapa pengguna menyatakan ketidaksukaannya pada menu konteks Microsoft Edge yang terlalu banyak opsi. Perlu dicatat juga bahwa ini bukanlah satu-satunya masalah yang dimiliki Microsoft Edge dengan banyak keluhan yang disampaikan pengguna sejak beberapa bulan yang lalu. 

Selain integrasi Office, Microsoft juga tiba-tiba saja menghadirkan fitur baru yang disebutkan sebagai iklan atau rekomendasi di dalam Microsoft Edge. Setelah beberapa pembaruan terakhir, sejumlah pengguna melihat lebih banyak peringatan dan iklan untuk layanan seperti Microsoft Start. Ini adalah feed MSN yang mendapatkan branding ulang. 

Iklan Microsoft Start di Browser Edge

Iklan Microsoft Start di Browser Edge

Seperti yang terlihat di tangkapan layar di atas, Microsoft sedang bereksperimen dengan lebih banyak iklan atau rekomendasi yang akan muncul di halaman tab baru browser Edge. 

“Dapatkan aplikasi Microsoft Start yang baru. Seperti perangkat PC anda, ini adalah berita terpercaya yang telah dipersonalisasi, dan juga beberapa game, cuaca dan lainnya dalam satu aplikasi,” bunyi dari pop-up tersebut. 

Selain itu, sepertinya Microsoft menggunakan fitur asisten browser yang baru untuk mengumpulkan hasil pencarian yang dilakukan pengguna dan meningkatkan mesin pencari Bing mereka. 

“Bantu kami untuk menjadikan pencarian lebih baik untuk anda. Microsoft akan mengumpulkan hasil pencarian yang anda lakukan di browser untuk meningkatkan produk-produk dan layanan Microsoft. Data ini tidak akan pernah dihubungkan dengan anda atau perangkat anda,” kata banner tersebut.

Pengguna memang bisa menutup banner pop-up ini dengan menekan tombol X, namun itu tidak akan menghentikan Microsoft untuk memunculkannya lagi di lain waktu. 

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend