Microsoft Hapus Sejumlah Fitur di Excel

Microsoft Hapus Sejumlah Fitur di Excel

NESABAMEDIA.COMExcel merupakan salah satu perangkat software spreadsheet yang paling banyak digunakan di dunia, baik untuk kebutuhan komersial maupun pribadi. Meskipun Microsoft secara rutin menambahkan peningkatan dan penyempurnaan ke Excel, faktanya mereka juga menghapus beberapa fitur lainnya. 

Diumumkan bahwa Microsoft mengakhiri dukungan untuk tiga fitur di Excel, terhitung mulai bulan Juni 2023 mendatang. Akan tetapi perlu dicatat bahwa kemampuan yang dihilangkan ini yang sebelumnya tersedia untuk pelanggan Microsoft 365 saja. 

Fitur pertama yang dihilangkan di Excel adalah Money. Ini adalah sebuah template dinamis yang memungkinkan pengguna dengan aman menghubungkan data perbankan mereka dan melakukan sinkronisasi secara langsung. Mulai bulan Juni 2023, fitur ini tidak akan lagi memperbarui transaksi dari data yang anda hubungkan. 

Anda tidak akan bisa menghubungkan kembali akun keuangan yang ada, atau juga menghubungkan akun yang baru. Namun, anda masih bisa mendapatkan data yang sudah tersimpan, dan pihak Microsoft maupun pihak ketiga tidak akan bisa mengaksesnya. 

Microsoft menyarankan pengguna untuk menggunakan template premium lainnya yang sudah tersedia di Excel, misalnya seperti Tiller. Tiller sendiri menawarkan lebih banyak fungsionalitas ketimbang Money, namun harganya sedikit lebih mahal. 

Berikutnya yang dihapus adalah Wolfram Data Types. Microsoft mengumumkan sebuah kemitraan dengan Wolfram beberapa tahun yang lalu, namun sekarang mereka memutuskan untuk tidak memperbarui kemitraan itu. Excel akan difokuskan pada penggunaan fitur buatan sendiri. Namun data pengguna yang sudah ada di Wolfram Data Types tetap akan tersedia, hanya tidak bisa disambungkan lagi ke layanan Wolfram. 

Terakhir, Microsoft juga menghilangkan penawaran layanan pihak ketiga, karena mereka ingin mengeksplorasi area lain yang bisa memberikan nilai tambah kepada pengguna. Meski Microsoft tidak memberikan detail lebih jauh, mereka hanya memberitahukan kepada pengguna untuk segera melakukan menukarkan penawaran khusus sebelum tanggal 30 Juni 2023. 

Di sisi lain, pelanggan Microsoft 365 mendapatkan email yang berisi pesan bahwa Microsoft berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan Microsoft 365. Sebagai hasilnya, mereka akan lebih rutin menghapus fitur-fitur yang kurang berguna dan memberikan manfaat kepada pengguna. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend