Produk Microsoft Chatbots

Microsoft Ingin Buat Chatbots Yang Bisa Tiru Manusia Asli

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dikabarkan baru saja mengajukan hak paten terkait pengembangan sebuah sistem intelegensi yang baru. Nantinya sistem tersebut akan menggunakan data yang berdasarkan hasil generate orang-orang, untuk membuat chatbots.

Sepertinya, chatbots buatan Microsoft yang ditenagai oleh sistem AI tersebut mampu melakukan analisa data suara, pesan elektronik, unggahan media sosial, gambar sampai informasi personal lainnya. 

Seperti yang terungkap dalam dokumen, Microsoft menekankan bahwa tujuan dari pembuatan chatbots itu adalah untuk menghadirkan sebuah robot yang mampu memfasilitasi percakapan layaknya antar sesama manusia, melalui pesan teks atau perintah suara. 

Menariknya, teknologi tersebut juga mampu menganalisa gambar seseorang untuk kemudian digambarkan dalam bentuk 2D atau 3D dari orang-orang tertentu. Produk akhir mungkin bisa menampilkan karakteristik yang hampir sama dan ciri perilaku orang-orang dulu atau yang ada sekarang.

Selain itu, pengguna juga bisa melatih robot tersebut untuk meniru karakteristik mereka. Bayangkan, robot itu bisa meniru sosok keluarga atau kerabat yang telah meninggal, sehingga pengguna merasa masih sedang berinteraksi dengan sosok yang ditiru tersebut. Meniru sosok tercinta juga menjadi salah satu tujuan dari dibuatnya robot tersebut. 

Paten yang diajukan Microsoft itu juga menjelaskan detail lebih lanjut yang berbunyi:

“Seseorang (yang diwakili oleh chatbots) mungkin akan sesuai dengan entitas masa lalu atau sekarang, seperti teman, kerabat, kenalan, selebritis, karakter fiksi, tokoh sejarah atau entitas acak. Orang yang diwakili oleh chatbots itu juga bisa adalah pemilik dari chatbots itu sendiri, yakni dengan melatihnya untuk melakukan obrolan atau gerakan.”

Paten pembuatan robot tersebut memang terdengar seperti sebuah karya fiksi ilmiah, tapi memang begitulah adanya. Jika anda pernah menonton film Netflix berjudul Black Mirror, salah satu episodenya juga membahas tentang sebuah sosok robot yang memiliki pemikiran dan perilaku seperti orang di dunia nyata. Dan chatbots buatan Microsoft ini, mirip dengan ada yang di film tersebut.

Secara keseluruhan, teknik yang diterapkan pada paten Microsoft itu sangatlah menarik. Namun karena saat ini masih dalam bentuk paten, kemungkinan besar produk chatbots itu memiliki persentase sangat minim untuk bisa dihadirkan ke pasaran. Mungkin juga baru akan ada dengan jangka waktu yang cukup lama. 

Leave a Reply

Send this to a friend