Tandai Setahun Edge Gunakan Chromium, Microsoft Hadirkan Banyak Pembaruan Fitur

Tandai Setahun Edge Gunakan Chromium, Microsoft Hadirkan Banyak Pembaruan Fitur

NESABAMEDIA.COMPembaruan Microsoft Edge kali ini menandai setahun sejak browser tersebut beralih ke browser dengan pemrograman Chromium. Ini juga merupakan pembaruan besar di browser Edge, yang berisi banyak sekali fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. 

Perubahan pertama dan mungkin yang akan menyenangkan hati para penggunanya adalah hadirnya 24 tema baru. Tema-tema baru ini termasuk tema dari franchise game Halo, Forza, Sea of Thieves dan banyak lagi lainnya. Tema-tema ini bisa diterapkan langsung ke tab baru, dan menyesuaikan warna dengan halaman browser lainnya. Microsoft juga menambahkan dukungan baru untuk tab vertikal, di mana saat ini masih dalam tahap pengujian. 

Microsoft juga mengubah ikon browser menjadi lebih membulat dan terlihat lebih halus. Microsoft menyebutnya sebagai Fluent Design dan mengatakan bahwa nantinya pengguna juga akan mendapatkan tampilan semacam ini di produk-produk lainnya. 

Untuk meningkatkan performa, browser Edge sekarang juga mendapatkan tambahan fitur baru yang bernama Sleeping Tabs. Fitur ini akan secara otomatis menjadikan tab atau halaman yang idle atau tidak digunakan dalam status “tertidur”. Sehingga penggunaan memori komputer menjadi lebih hemat. 

Pembaruan fitur lainnya di Edge yang ditujukan untuk masalah keamanan adalah fitur pengelola kata sandi yang baru. Fungsi dari fitur ini adalah berperan seperti sebuah gudang atau wadah baru untuk beberapa kata sandi yang digunakan di seluruh layanan, untuk dijadikan sebagai kata sandi baru. Nantinya password yang dihasilkan oleh fitur itu, bisa digunakan sebagai kata sandi saat mendaftar ke layanan baru, atau mengubah kata sandi yang lupa. 

Fitur pengelola kata sandi itu kedepannya juga akan mendapatkan peningkatan dari waktu ke waktu, seperti kemampuan untuk mengetahui apakah kata sandi yang digunakan masuk dalam daftar kredensial yang bocor. 

Sidebar pencarian juga telah ditingkatkan di mana saat ini sudah tersedia untuk seluruh browser. Pengguna hanya tinggal menyorot sebuah kata, klik kanan dan tekan tombol cari. Browser Edge akan menampilkan sidebar tersebut dengan hasil pencarian yang lebih tertata rapi, sehingga pengguna tidak perlu harus berpindah ke tab yang baru untuk melakukan pencarian. 

Sinkronisasi riwayat dan tab kini juga tersedia secara global, di mana sebelumnya hanya terbatas di negara tertentu saja. Pengguna kini bisa menggunakan satu profil untuk melakukan sinkronisasi riwayat browser ke perangkat berbeda. Misal dari perangkat PC atau laptop ke perangkat smartphone. 

Browser Edge sekarang juga akan menggabungkan iklan bari dari berbagai sumber di web, sehingga pengguna bisa lebih mudah untuk mengetahui kategori iklan yang ditayangkan. Misal ketika ada iklan lowongan kerja, yang memiliki kategori berbeda dengan iklan produk lainnya. Microsoft juga meningkatkan opsi keamanan dengan memberi pengguna kemampuan untuk mengontrol situs mana yang menggunakan data lokasi pengguna, selain akses untuk memantau kamera dan mikrofon. 

Leave a Reply

Send this to a friend