Browser Edge Fitur Sinkronisasi Riwayat dan Tab

Browser Microsoft Edge Kini Dukung Sinkronisasi Riwayat dan Tab

NESABAMEDIA.COMSetelah beberapa bulan menunggu, Microsoft akhirnya meluncurkan fitur baru pada browser Edge. Fitur baru pada browser Edge itu adalah sinkronisasi tab dan riwayat, untuk pengguna umum atau dalam versi stabil. 

Sebelumnya, browser Edge yang berbasis Chromium ini hanya memiliki fitur sinkronisasi kata sandi dan bookmarks, serta memungkinkan halaman situs yang sedang digunakan pengguna untuk dikirimkan dari perangkat mobile ke komputer saja. Tidak seperti browser Chrome yang bisa melakukan sinkronisasi riwayat dan tab. 

Baru pada bulan Desember lalu, Microsoft mulai melakukan pengujian fitur sinkronisasi riwayat dan tab ke Edge versi beta.

Penambahan fitur baru di browser Edge ini dilakukan melalui sisi server, sehingga pengguna tidak perlu melakukan apa-apa untuk mendapatkan fitur tersebut di browser Edge mereka. Dengan kata lain penambahan fitur baru ini dilakukan secara otomatis.

Sinkronisasi History dan Tab Edge Browser

Sinkronisasi History dan Tab Edge Browser

Perlu diingat adalah, fungsi dari fitur baru ini harus diaktifkan terlebih dahulu di semua perangkat yang ingin mendapatkan sinkronisasi. Pengaturan barunya sudah tersedia baik untuk perangkat Windows maupun perangkat mobile. 

Kabar baik dari browser Edge tidak hanya datang dari penambahan fitur sinkronisasi riwayat dan tab saja. Namun juga peningkatan performa, di mana kini penggunaan RAM oleh browser Edge di perangkat Windows 10 mampu ditekan hingga 27 persen. 

Tentunya, ketika browser terlalu banyak menggunakan RAM, maka akan membuat perangkat komputer berjalan lebih lambat dan mengganggu aktivitas yang dikerjakan. Oleh karena itu, sebelumnya banyak pengguna yang menyiasati masalah ini dengan membatasi jumlah tab yang terbuka. 

Melihat masalah ini cukup krusial, tim Microsoft juga tidak tinggal diam dan setelah melakukan pengembangan beberapa waktu lamanya, mereka mampu mengurangi penggunaan RAM yang dibutuhkan oleh browser Edge. 

Dalam sebuah catatan blog yang dirilis beberapa waktu lalu, pihak Microsoft mengklaim telah melakukan peningkatan penting pada browser Edge itu. Hal ini juga sebagai perwujudan dari misi perusahaan yang ingin menyediakan browser terbaik untuk perangkat Windows. 

Jika melihat mulai dari awal pembuatan browser Edge, patut diakui jika Microsoft telah mampu memenuhi tuntutan para pengguna, untuk bisa mengembangkan browser tersebut ke arah yang lebih baik. Bahkan mereka sampai mengubah kode pemrograman browser menjadi Chromium.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend