• Our Partners:

Microsoft Ingin Memodernisasi Scrollbar Chrome di Windows 11

Microsoft Ingin Memodernisasi Scrollbar Chrome di Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft ingin agar Google Chrome juga menggunakan scrollbar bertema Windows 11, atau setidaknya mereka ingin memastikan bahwa pengguna bisa mengaktifkan scrollbar yang baru saja diperbarui dengan menyalakan flag tertentu di menu flag eksperimental. Microsoft pun saat ini tengah menggodok fitur ini ke Chromium dan Chrome dalam waktu dekat akan bisa mengadopsinya. 

Menurut penjelasan dari Microsoft, scrollbar modern yang baru ini terinspirasi dari Fluent Design dan secara sederhana ini berarti bahwa scrollbar di sebelah kanan browser akan menjadi lebih tipis. Ini akan muncul ketika anda mengarahkan mouse ke area scrollbar, yang kemudian akan menampilkan pengalaman yang lebih modern dan rapi. 

Di saat yang sama, scrollbar Fluent dari Microsoft ini menyediakan tampilan lebih mewah untuk merender konten dari website yang sedang anda kunjungi. Microsoft telah mengerjakan Fluent dan scrollbar overlay sejak musim panas 2021 lalu, dan mereka menjanjikan akan mengembalikan fungsionalitas ini ke Chromium. 

Sepertinya browser berbasis Chromium akan diperbarui dengan penerapan yang tepat dari scrollbar Fluent dalam waktu dekat karena pembaruan teranyar dari Chromium Gerrit telah menambahkan dasar dari scrollbar ini. 

“Fitur dasar scrollbar Fluent telah memasuki masa pengujian. Ini bergantung pada status dari fitur OverlayScrollbar,” ungkap Microsoft.

Ini menunjukkan bahwa scrollbar Fluent akan segera diuji di browser Chrome, namun tidak ada informasi soal waktu yang pasti terkait hal ini. 

Google baru-baru ini juga telah mengirimkan Chrome versi 102 dengan peningkatan penting untuk aplikasi web, tab dan banyak lagi. Sebagai bagian dari Chrome 102, Google menambahkan pintasan keyboard baru untuk mempercepat navigasi web anda.

Dengan pintasan baru Ctrl+Shift dan Page Up atau Page Down, kini memungkinkan untuk menyusun tab tanpa menggunakan mouse.

Untuk aplikasi web, Google telah mengaktifkan sebuah fitur baru yang akan memungkinkan pengembang untuk mendeklarasikan kemampuan aplikasi web mereka untuk membuka file tertentu. Akibatnya, aplikasi web sekarang bisa muncul sebagai opsi di menu Open With. 

Ada juga API Navigasi baru yang memungkinkan anda untuk dengan lebih mudah melakukan navigasi di dalam aplikasi web. API ini menjanjikan transisi yang halus antar halaman dari aplikasi web tanpa harus memuat keseluruhan halaman. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend