Microsoft Pamerkan Fitur Restore Apps Untuk Windows 11

Microsoft Pamerkan Fitur Restore Apps Untuk Windows 11

NESABAMEDIA.COMAda banyak sekali alasan mengapa anda mungkin memulihkan aplikasi yang telah anda hapus sebelumnya, ketika melakukan clean install Windows atau berpindah ke perangkat yang baru. Di saat yang sama, anda mungkin ingin memulihkan aplikasi yang tidak sengaja anda hapus. 

Untuk saat ini, jika anda ingin mengakses aplikasi yang sudah terhapus atau aplikasi yang hilang di perangkat baru anda, anda bisa menggunakan Microsoft Store Library, yang memiliki fungsi menyimpan riwayat aplikasi atau game yang pernah anda unduh. 

Meskipun ada Library di Microsoft Store, namun memulihkan aplikasi dengan satu klik saat ini masih belum memungkinkan. Jika anda sering mengalami masalah ini, maka ada kabar baik untuk anda.

Microsoft tengah mengerjakan sebuah fitur baru bernama “Restore Apps” yang memungkinkan anda untuk memulihkan aplikasi yang terhapus dengan sekali klik dan ini lebih sederhana dibandingkan melakukan pemulihan aplikasi dengan mengunjungi daftar pustaka di Microsoft Store. 

Microsoft tengah menguji dua opsi baru, Restore All dan Select Apps. Jika Restore All akan secara otomatis mengembalikan semua aplikasi yang hilang, maka Select Apps memungkinkan anda untuk menemukan daftar semua aplikasi yang terhubung dengan akun Microsoft anda di perangkat sebelumnya, dan melakukan pemasangan cepat dari aplikasi yang anda pilih. 

“Pengguna secara otomatis bisa memulihkan aplikasi mereka, yang sebelumnya terpasang dari Microsoft Store, ke perangkat Windows baru mereka. Ini juga akan membantu pengembang mendapatkan kembali pelanggan mereka tanpa harus terus mengingatkan pelanggan untuk mengunduh ulang aplikasi,” pernyataan resmi Microsoft. 

Peningkatan Lain

Dalam event Build 2022, Microsoft mengumumkan bahwa pasar PC mengalami pertumbuhan tertinggi selama satu dekade terakhir. Hasilnya, Microsoft mulai berfokus pada Windows lagi dan secara aktif menguji fitur-fitur baru ke sistem operasinya. 

Windows Search mendapatkan sebuah fitur baru yang akan mengingatkan pengguna ketika mereka mencari sebuah aplikasi, yang pada dasarnya sudah terdaftar di Microsoft Store.

Misalnya, jika anda tidak memiliki Spotify terpasang dan ana mengetik namanya di kotak pencarian, maka sebuah area baru akan mendorong anda untuk melihat hasil pencarian dari Microsoft Store, dan dengan mudah memasang Spotify atau aplikasi lain dari sana. 

Microsoft juga melakukan perubahan drastis dalam pengiriman aplikasi Win32 ke Microsoft Store. Ini memungkinkan pengembang untuk secara otomatis menerbitkan aplikasi mereka menggunakan GitHub Action atau Rest API, dan membawa aplikasi mereka ke Microsoft Store tanpa harus masuk daftar antrian.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend