Microsoft Izinkan Perangkat Tanpa TPM Bisa Memasang Windows 11, Dengan Pengecualian

Microsoft Izinkan Perangkat Tanpa TPM Bisa Memasang Windows 11, Dengan Pengecualian

NESABAMEDIA.COMMicrosoft memberlakukan persyaratan baru pada pemasangan Windows 11 dengan memblokir sistem apa pun tanpa memiliki Trusted Platform Module (TPM) 2.0. Namun rupanya Microsoft masih akan mengizinkan beberapa sistem untuk bisa memasang Windows 11 tanpa adanya TPM itu. 

Sayangnya, pengguna normal mungkin tidak akan memiliki akses ke ISO yang digunakan untuk memasang Windows 11 tanpa TPM itu. Disebutkan bahwa Build Windows 11 khusus tanpa TPM itu hanya akan diberlakukan pada negara yang tidak menggunakan teknologi enkripsi pada umumnya, seperti Cina dan Rusia. 

Windows 11 membutuhkan kunci TPM fisik yang pada akhirnya berujung pada kelangkaan perangkat yang mendukung dan kemudian harga perangkat itu diperkirakan akan mengalami lonjakan. Microsoft sepertinya tidak akan menggubris tekanan publik mengenai penerapan persyaratan baru itu. Bahkan mereka justru semakin kokoh dengan keputusannya, di mana sebelumnya perangkat hanya membutuhkan TPM versi 1.2, dan kini dinaikkan menjadi TPM 2.0. Tentunya, persyaratan itu semakin membatasi jumlah perangkat yang bisa menggunakan Windows 11 ke depannya. 

Kini, Microsoft kembali melakukan klarifikasi bahwa beberapa sistem akan bisa bekerja tanpa membutuhkan dukungan TPM. Hal itu disampaikan dalam sebuah dokumen dukungan terbaru yang berisi 16 halaman, yang memberikan detail lebih lengkap mengenai persyaratan soal TPM untuk Windows 11 itu. 

"Persyaratan

Seperti yang terlihat dalam tangkapan layar di atas, dalam persetujuan tertentu, Microsoft akan mengizinkan beberapa perangkat untuk bisa memasang Windows 11 tanpa adanya TPM 2.0. Ini artinya, akan membutuhkan file ISO khusus atau sebuah teknik bypass untuk melewati proses validasi TPM saat melakukan pemasangan. 

“Memasang Windows 11 pada sistem yang tidak memiliki TPM akan memerlukan persetujuan khusus dari Microsoft. Perusahaan mengizinkan pihak OEM untuk sistem komersial tujuan khusus, pesanan khusus, dan sistem pelanggan dengan image khusus, untuk bisa mengirimkan sistem tanpa dukungan TPM yang aktif”.

Kebijakan Microsoft yang mengizinkan beberapa perangkat tanpa TPM tertentu untuk bisa memasang Windows 11 mungkin ditujukan kepada negara-negara yang melarang atau tidak menggunakan fungsi keamanan kriptoprosesor TPM, seperti Cina dan Rusia, di mana keduanya tidak menggunakan teknologi semacam itu untuk alasan keamanan. 

Mungkin akan ada beberapa sistem lain yang tidak memiliki TPM bisa mendapatkan izin khusus dari Microsoft dari wilayah selain Cina dan Rusia nantinya, dengan kebutuhan khusus. 

Leave a Reply

Send this to a friend