Windows 11 Versi Beta Segera Hadir, Ini Langkah Untuk Mencobanya

Windows 11 Versi Beta Segera Hadir, Ini Langkah Untuk Mencobanya

NESABAMEDIA.COMPekan lalu, Microsoft telah mengumumkan sistem operasi baru mereka Windows 11. Saat itu, Microsoft juga menjanjikan bahwa para pengguna yang telah bergabung di program Windows Insider bisa mulai menguji coba Windows 11 versi Beta pekan berikutnya. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin segera mencicipi versi Beta dari Windows 11 tersebut, jika telah dirilis nantinya. 

Perlu dicatat bahwa persyaratan untuk bisa menggunakan Windows 11 saat diluncurkan secara resmi ke publik nanti akan berbeda dengan Windows 11 versi Beta yang ditujukan untuk pengguna di Windows Insider. 

Diketahui dalam program Windows Insider memiliki tiga kanal yang berbeda yakni Kanal Pengembang, Kanal Beta, dan Kanal Rilisan Pratinjau. Simak tabel persyaratan berikut ini.

Persyaratan Windows 11 Insider Build

Persyaratan Windows 11 Insider Build

Hal tersebut di atas sangat penting, karena jika ingin menguji coba Windows 11 dan tidak memenuhi persyaratan minimal, maka pengguna harus kembali ke Windows 10, yang artinya diharuskan melakukan pemasangan ulang sistem operasi tersebut

Kemudian yang perlu diperhatikan adalah menyiapkan mental, tentang apa yang akan dilakukan setelah memasang versi Beta dari Windows 11. Pasalnya, ini adalah versi paling awal dari Windows 11, dan tentunya memiliki banyak sekali bug, sistem yang tidak stabil dan satu-satunya solusi jika mengalami permasalahan itu adalah dengan memasang kembali dari awal. 

Selain itu, ini juga tidak sama dengan Android atau iOS versi Beta, di mana perusahaan akan merilis versi kasar untuk memulai, dan kemudian disempurnakan ketika sudah tersedia untuk umum. Akan ada Build Pratinjau Windows 11 yang lebih stabil daripada yang lain, dan kemudian akan ada beberapa Build yang benar-benar penuh dengan bug, yang bisa merusak perangkat PC. 

Untuk memulainya, pengguna bisa mengakses halaman aplikasi Settings → Update & Security → WIndows Insider Program. Klik tombol Mulai dan ketika diminta login, masukkan akun Microsoft anda. Kemudian pilih Kanal Pengembang (Dev Channel). Lalu lakukan restart perangkat seperti yang diminta. 

Setelah perangkat menyala kembali, akses halaman Windows Insider Program yang ada di halaman aplikasi Settings tadi. Kemudian kunjungi halaman Windows Update untuk mengecek pembaruan. Dengan cara ini, perangkat PC anda akan diperbarui ke versi paling baru dari versi Build Pratinjau Windows Insider, untuk kemudian mengunduh dan memasang versi Beta dari Windows 11. 

Leave a Reply

Send this to a friend