Microsoft Kembali Klarifikasi Persyaratan Minimal Windows 11

Microsoft Kembali Klarifikasi Persyaratan Minimal Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft secara resmi merilis versi Pratinjau Insider pertama dari Windows 11 beberapa hari yang lalu. Di saat Build tersebut diluncurkan, Microsoft juga mengklarifikasi kembali persyaratan minimal untuk sistem operasi Windows 11. 

Berdasarkan unggahan post Microsoft, alat bernama PC Health Tool dianggap telah menimbulkan kebingungan mengenai kompatibilitas dari Windows 11 dan alat itu sendiri. Konsekuensinya, PC Health Tool tersebut akhirnya ditarik dari peredaran setelah mendapatkan banyak ulasan negatif dari para pengguna yang mencoba untuk memasang alat tersebut di perangkat PC mereka yang sebenarnya jauh lebih cukup dari persyaratan minimal.

Alat tersebut dianggap gagal untuk menjelaskan alasan sebenarnya dari ketidak-cocokan perangkat lunak dan menunjukkan hasil yang tidak kompeten. 

“Tujuan dari postingan yang kami terbitkan hari ini adalah untuk mengklarifikasi mengenai adanya kebingungan yang disebabkan oleh alat PC Health Tool kami, membagi detail lebih dalam alasan kami memperbarui persyaratan untuk memasang Windows 11 dan mengatur langkah untuk bagaimana kami belajar dan menyesuaikan nantinya,” ungkap Microsoft dalam postingan tersebut. 

Meskipun postingan tersebut diunggah untuk menjelaskan persyaratan minimum Windows 11 yang telah diperbarui, namun rupanya hal itu tidak memberikan jawaban pasti mengenai permasalahan sebenarnya. Informasi yang ada postingan tersebut sejauh ini hanya menjelaskan bahwa Windows 11 akan bisa digunakan di prosesor AMD Zen-1.

Sampai sekarang, Windows 11 tidak didukung untuk chipset generasi lama dan prosesor generasi baru tidak dimasukkan dalam daftar kompatibilitas aplikasi PC Health. Memang hasil dari PC Health itu tidak berarti bahwa sistem atau perangkat pengguna yang kuat itu tidak mendukung untuk memasang Windows 11. Namun hanya saja aplikasi PC Health memang membutuhkan beberapa perbaikan dan solusi. 

Meskipun demikian, Windows 11 saat ini mendukung chipset dengan 2 atau lebih inti yang memiliki kecepatan 1GHz, atau yang lebih tinggi. Untuk menjalankan Windows 11, sistem membutuhkan setidaknya RAM 4GB dan penyimpanan 64GB. Kemudian perangkat juga harus menggunakan TPM versi 2.0 dan mendukung DirectX 12. 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments