Xiaomi Kembangkan Smartphone Gulung, Inikah Mi Mix Roll

Xiaomi Kembangkan Smartphone Gulung, Inikah Mi Mix Roll?

NESABAMEDIA.COMPasar smartphone lipat semakin panas persaingannya tahun ini. Samsung telah cukup banyak mendominasi segmen smartphone lipat dalam beberapa tahun terakhir, tetapi situasinya bisa berubah sekarang karena lebih banyak perusahaan seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Honor dan bahkan Google sedang mempersiapkan produk smartphone lipat baru untuk menyaingi. 

Meskipun mungkin masa smartphone lipat akan menjadi sebuah hal yang lumrah dalam beberapa tahun ke depan, ada beberapa brand yang kini mulai menjelajahi segmen smartphone gulung. Perangkat ini sangat menarik dan terdengar seperti “The Next Big Thing”, setelah smartphone lipat.

Oppo memamerkan smartphone gulung Oppo X 2021 mereka pada bulan November lalu. LG juga sedang menyiapkan smartphone gulung saat itu, namun keburu menutup divisi smartphone mereka. Sepertinya, Xiaomi juga tengah menggodok ide baru, dan hal ini terungkap dari paten yang mereka ajukan soal smartphone gulung.

Apakah ini nantinya akan menjadi Mi Mix Roll itu?

Oppo mungkin menjadi salah satu perusahaan yang paling dekat dalam merilis smartphone gulung. Meskipun salah satu eksekutif perusahaan menyatakan tahun lalu bahwa smartphone gulung mereka masih membutuhkan waktu beberapa tahun lagi, mereka adalah satu-satunya yang telah memamerkan produk smartphone gulung itu. Samsung juga tengah mengembangkan smartphone gulung, namun untuk tahun ini sepertinya masih belum terlihat tanda-tanda kehadirannya. Xiaomi meluncurkan smartphone lipat pertama mereka tahun ini, dan sepertinya mereka tengah mengembangkan produk untuk segmen smartphone gulung.

Xiaomi sedang mempertimbangkan sebuah smartphone gulung yang bisa memanjang dari kedua sisinya. Alhasil, modul kamera akan menghasilkan sumbu horizontal tengah smartphone. Namun, panel tidak akan menarik kembali ke dalam. Sebaliknya, itu akan menempati panel belakang karena tampilan akan diperluas di panel lainnya. Ini pendekatan yang mirip dengan Mi Mix Alpha

Smartphone itu memanfaatkan dua motor penggerak yang akan membantu dalam memperluas dan menarik kembali layar. Namun perlu diingat bahwa ini hanyalah sebuah paten dari Xiaomi. Ini artinya bahwa Xiaomi belum tentu akan meluncurkan produk semacam ini nantinya. 

Beberapa dari paten yang pernah diungkap Xiaomi, sebagian besar tidak pernah terwujud. Namun cukup masuk akal untuk memungkinkan hadirnya Mi Mix Roll. Lagi pula, segmen smartphone gulung sepertinya akan menjadi wilayah berikutnya yang akan dijajaki oleh pabrikan smartphone, setelah smartphone lipat telah mulai menjadi trend.

Leave a Reply

Send this to a friend