Microsoft Kembangkan Solusi Linux XDP for Windows, Sebagai Proyek Sumber Terbuka

Microsoft Kembangkan Solusi Linux XDP for Windows, Sebagai Proyek Sumber Terbuka

NESABAMEDIA.COMDalam event Build 2022, Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa mereka tengah berupaya menghadirkan Linux XDP ke platform Windows mereka. Hadir melalui sebuah proyek sumber terbuka dengan nama XDP for Windows, solusi ini mengungkap langkah Microsoft yang akhirnya bergabung dalam pengembangan XDP.

Sebagai informasi, Linux XDP adalah sebuah proyek jaringan yang disebut dengan eXpress Data Path (XDP), yang memberikan kinerja tinggi melalui latensi dengan tingkat serendah mungkin melalui throughput yang tinggi. Pesaing Microsoft seperti Amazon dan Google, telah menggandeng solusi yang sama, dan pengembangan saat ini juga sedang berlangsung. 

XDP Microsoft untuk Windows adalah perusahaan pertama yang terjun ke komunitas. Saat Microsoft memberikan kontribusinya, mereka mengatakan ingin melihat bahwa XDP bakal mampu menjadi sebuah solusi lintas platform yang sebenarnya. 

Meski demikian, XDP for Windows masih dalam tahap awal pengembangan dan memiliki banyak sekali keterbatasan. Misalnya, proyek ini sekarang masih berfungsi sebagai driver jaringan dan API pengguna placeholder saja. Microsoft mengatakan pengujian saat ini sedang berlangsung, dan mereka berharap bahwa proyek ini akan siap untuk tahap pembuatan prototipe dan pratinjau dalam waktu dekat.

Lebih lanjut, Microsoft juga berkolaborasi dengan perusahaan lainnya untuk bisa menghadirkan dukungan untuk XDP di MsQuic. 

“Kami juga bekerjasama dengan swXtch.io, yang selama ini mengerjakan beberapa aplikasi berkinerja tinggi yang dalam operasionalnya memanfaatkan XDP for Windows, sebagai bagian dari teknologi jaringan cloudSwXtch mereka untuk Azure.

Karena ini merupakan sebuah proyek sumber terbuka, siapa pun bisa menyalin repo dan membangun XDP for Windows tanpa membutuhkan izin tertentu, atau siapapun bisa mengunduh kit pengembangan dari versi terbaru. XDP for Windows dibuat untuk bisa menjadi akselerator jaringan umum, untuk banyak skenario yang berbeda. 

Kami berharap akan ada lebih banyak kelompok pengembang maupun pengembang mandiri bisa turut melakukan pengembangan dan memanfaatkan keberadaan platform ini, termasuk mereka yang bergerak dalam sektor keuangan, media dan pertahanan,” jelas Microsoft saat mengumumkan proyek sumber terbuka satu ini.

Jika anda tertarik dengan proyek ini, anda bisa mengunjungi halaman GitHub-nya di tautan berikut ini.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend