Microsoft Masuki Tahap Final Penonaktifan SMB1 di Windows

Microsoft Masuki Tahap Final Penonaktifan SMB1 di Windows

NESABAMEDIA.COMSudah lama para penggemar Windows mengetahui bahwa hal ini akan datang, dan akhirnya saat yang ditunggu itu pun segera tiba. Microsoft mengatakan bahwa sekarang telah memasuki fase terakhir untuk menjauh dari SMB1 di Windows. Ini berarti Build Pratinjau Windows 11 terbaru, yang saat ini tersedia di saluran Pengembang dan Beta, tidak lagi dilengkapi dengan klien SMB1, yang dipasang secara default pada versi Home. 

Ned Pyle dari Microsoft membagikan berita tersebut kemarin, yang mengingatkan kita bahwa penyebaran dari SMB1, dimulai sejak bertahun-tahun yang lalu dengan dirilisnya Windows 10 Redstone 3. 

“Kami mulai mengirimkan Windows 10 dan Windows Server dengan SMB1 tidak terpasang secara default di RS3, Fall Creators Update tahun 2017. Awalnya, kami berhenti memasang layanan server SMB1 di semua edisi Windows dan berhenti memasang layanan klien SMB1 di sebagian besar edisi Windows. Edisi Home dan Pro masih memiliki klien, sehingga pengguna masih bisa terhubung ke armada besar perangkat NAS pihak ketiga untuk konsumen dan bisnis yang hanya mendukung SMB1. Jika klien tidak melihat adanya penggunaan SMB1 setelah total 15 hari waktu aktif, maka klien secara otomatis akan mencopot pemasangannya. Di RS5, versi 1809, kami berhenti memasang klien SMB1 di edisi Pro,” terang Pyle. 

Pembaruan fitur utama Windows 11 berikutnya akan hadir pada akhir tahun ini. Namun, transisi berlanjut dengan Windows 11, meskipun penting untuk diingat bahwa perubahan itu tidak akan mempengaruhi perangkat di mana SMB1-nya sudah diaktifkan. 

Kebijakan baru akan mulai berlaku ketika pembaruan fitur utama Windows 11 berikutnya diluncurkan untuk perangkat produktivitas, sesuatu yang diproyeksikan akan terjadi pada paruh kedua tahun 2022 ini. 

“Ini bukan akhir cerita, karena saya juga mengumumkan bahwa akan menghapus binari SMB1 dalam rilisan mendatang. Windows dan Windows Server tidak lagi menyertakan driver dan DLL SMB1. Kami akan menyediakan paket pemasangan out of band yang tidak didukung untuk organisasi atau pengguna yang masih membutuhkan SMB1, untuk bisa terhubung ke mesin pabrik lama, peralatan medis, NAS konsumen dan lainnya. Saya akan memiliki detail lebih lanjut tentang masalah ini dalam beberapa bulan ke depan,” pungkas Ned Pyle. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend