Microsoft Office Versi PWA Akan Dihadirkan Bulan Juni

Microsoft Office Versi PWA Akan Dihadirkan Bulan Juni

NESABAMEDIA.COMMungkin saat ini masih belum serangkaian aplikasi yang begitu identik dengan Windows sebanyak aplikasi yang ada di layanan Microsoft Office. Di saat jutaan orang menggunakan aplikasi Microsoft Word, Excel, dan aplikasi Office standalone lainnya di perangkat PC Windows 10 mereka, tampaknya Microsoft sedang mengerjakan adanya opsi lain yang baru.

Dilaporkan bahwa dalam waktu dekat, para pengguna Windows 10 akan bisa melihat file secara langsung di dalam aplikasi Office ketimbang harus membuka jendela baru di aplikasi terpisah seperti browser web.

Sekarang ini, aplikasi Microsoft Office di Windows 10 lebih merupakan sebuah hub atau terminal untuk membawa pengguna ke cara lain dalam mengakses sebuah file atau dokumen. Jika pengguna terdeteksi tidak memasang aplikasi Office standalone, maka aplikasi Office di Windows memiliki sebuah tombol yang akan membawa pengguna ke halaman web untuk mengunduh aplikasi terkait. Pengguna juga bisa melihat semua file dan dokumen mereka dalam aplikasi Office, namun dengan mengklik-nya, pengguna akan dibawa ke web browser. 

Lebih lanjut, dalam laporan itu dijelaskan bahwa Microsoft akan menjadikan aplikasi Office jadi sebuah aplikasi web progresif (PWA) pada bulan Juni mendatang. Dengan adanya pembaruan ini, pengguna akan bisa membuka file dan dokumen secara langsung melalui aplikasi Office di Windows. 

Pada awalnya, pengguna hanya akan bisa melihat file dan dokumen, namun kemampuan untuk melakukan pengeditan akan ditambahkan secara bertahap nantinya. Pengguna nantinya juga bisa membuka beberapa file atau dokumen secara bersamaan menggunakan aplikasi Office tersebut.

Sebagai catatan, aplikasi Office yang telah diperbarui itu tidak bertujuan menggantikan aplikasi Office yang telah terpasang di perangkat Windows 10. Akan tetapi, aplikasi yang diperbarui itu akan menjadi sebuah program berbasis web dari Word, Excel, PowerPoint dan lainnya. Mungkin versi baru ini akan sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari namun di sisi lain tidak akan memiliki fitur lengkap seperti yang ada di aplikasi Office standalone itu.

Aplikasi Office versi web di Windows itu lebih mirip dengan aplikasi Office yang digunakan di perangkat iOS dan Android. Aplikasi Office terpadu untuk perangkat smartphone itu memungkinkan pengguna untuk membuka dan mengedit file serta dokumen.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend