Masih Banyak Pengguna Gunakan Windows 10 Versi Lama, Ini Alasannya

Masih Banyak Pengguna Gunakan Windows 10 Versi Lama, Ini Alasannya

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dengan Windows 10 memiliki strategi mengeluarkan pembaruan yang banyak sekali dan rutin, dengan tujuan memberikan pengalaman yang terupdate kepada para penggunannya.

Namun fakta di lapangan, ternyata masih banyak pengguna yang masih menggunakan Windows 10 versi lama dan enggan untuk memperbarui ke versi terbaru. Microsoft pun sepertinya kesulitan untuk mengajak para pengguna memperbarui sistem operasi mereka itu ke versi terbaru.

Laporan terbaru mengungkap bahwa Windows 10 versi 20H2 hanya digunakan sebanyak 29,95 persen dari pangsa pasar sistem operasi tersebut. Sementara itu, Windows 10 versi 2004 masih mengungguli dengan pengguna sebanyak 42,1 persen. 

Lalu mengapa para pengguna begitu enggan untuk meningkatkan Windows 10 mereka ke versi paling baru?

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh AdDuplex untuk bulan Maret kemarin, banyak pengguna beralasan bahwa tidak ada alasan yang mendesak untuk meningkatkan versi Windows 10 mereka ke yang terbaru. 

Memang adalah sebuah hal yang wajar ketika semua berjalan dengan baik, maka tidak ada urgensi untuk menggantikannya. Ambil saja contohnya dengan perangkat smartphone. Di saat perangkat smartphone terus hadir dengan teknologi yang lebih baik, para pabrikan smartphone itu juga kesulitan untuk mengajak para konsumen meninggalkan smartphone lama mereka untuk ganti ke yang lebih baru. Alasannya pun juga sama, karena menganggap smartphone lama mereka itu tidak memiliki masalah yang mendesak untuk diganti dengan yang baru.

Hal itulah yang terjadi dengan Windows 10. Selain peningkatan keamanan dan perbaikan bug, versi lama dari Windows 10 masih bisa digunakan dengan baik. Sehingga pengguna tidak melihat adanya keuntungan lebih dengan meningkatkan sistem operasi mereka ke versi paling baru.

Situasinya akan tetap demikian sampai beberapa tahun mendatang, kecuali Microsoft menemukan cara paling ampuh untuk menunjukkan sejumlah keuntungan dari meningkatkan versi sistem operasi Windows 10 ke pengguna. 

Begitu pengguna melihat bahwa mereka telah ketinggalan sesuatu karena tidak melakukan peningkatan versi, maka dengan senang hati mereka akan memperbarui versi Windows 10 mereka.

Selain alasan di atas, memperbarui Windows 10 selalu akan memiliki resiko tersendiri. Dari kerusakan acak sampai error BSOD, setiap kali pengguna memperbarui versi Windows 10 mereka. Jadi tidak mengherankan jika pengguna tidak menginginkan hal-hal baru dari peningkatan Windows 10, kecuali pembaruan itu tidak memberikan resiko kerusakan di perangkat mereka.

Leave a Reply

Send this to a friend