Pembaruan Windows 10 1903

Microsoft Paksa Pengguna Perbarui Windows 10 Versi 1903 Ke Versi 1909

NESABAMEDIA.COMMicrosoft Windows 10 versi Mei 2019 1903 sudah digunakan pengguna selama 17 bulan ini, dan seperti yang sudah dijadwalkan, dukungannya akan berakhir pada bulan Desember mendatang. Lebih lanjut, versi Mei 2019 itu akan mendapatkan pembaruan terakhir pada tanggal 8 Desember.

Hal ini berarti sudah saatnya untuk pembaruan otomatis, meski seharusnya sudah dilakukan lebih cepat. Pembaruan otomatis oleh Windows 10 biasanya terjadi pada versi yang segera berakhir masa dukungannya. Jika melihat dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, pembaruan otomatis dirilis setelah enam bulan setelah sebuah versi hadir di perangkat pengguna.

Akan tetapi hal yang berbeda terjadi pada Windows 10 versi 1903 ini. Adalah wabah pandemi Covid-19 yang membuat versi 1903 bisa hadir lebih lama dari seharusnya. Seperti yang sudah dijelaskan oleh Microsoft pada bulan April kemarin, bahwa mereka akan memperpanjang dukungan untuk versi 1903 hingga bulan November.

Pada bulan Juni lalu, pihaknya mulai merilis pembaruan otomatis untuk pengguna Windows 10 dengan versi tersebut. Karena versi 1809 dan versi 1903 akan berakhir bulan depan, pengguna akan berpikir bahwa pembaruan otomatis akan mulai dilakukan pada bulan Juli, oleh Microsoft.

Namun fakta di lapangan ternyata berkata lain. Justru ketika pembaruan Windows 10 Oktober 2020 mulai dirilis, Microsoft mengatakan bahwa hal tersebut akan tersedia untuk para ‘seekers’ di versi 1903 atau terbaru. Hal ini berarti, pengguna yang ingin melakukan pembaruan secara manual, akan bisa mendapatkannya. 

Terhitung mulai kemarin, Microsoft melakukan perubahan mengenai pembaruan ini. Microsoft pada akhirnya memulai pembaruan otomatis di perangkat pengguna yang masih menggunakan Windows 10 versi 1903. Namun anehnya, bukan ke versi yang paling baru. 

Microsoft akan memaksa pengguna di versi 1903 untuk ditingkatkan ke versi 1909. Karena itu, kemungkinan besar file yang dibutuhkan untuk diunduh dan diinstal tidak terlalu besar. Sehingga bisa dilakukan dengan sangat cepat, dan mungkin pengguna tidak akan mengetahui sama sekali jika versi Windows 10 mereka telah berubah. 

Di sisi lain, ini juga menandakan bahwa pengguna tersebut akan kembali dipaksa untuk memperbarui sistem operasi mereka, karena versi 1909 sendiri juga akan habis masa dukungannya dalam waktu dekat. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend