Microsoft Pamerkan Desain Mirip Aero Glass untuk Windows 11

Microsoft Pamerkan Desain Mirip Aero Glass untuk Windows 11

NESABAMEDIA.COMDengan dirilisnya Windows 8 dan penerusnya Windows 10, Microsoft meninggalkan dukungan untuk desain sudut membulat dan Aero Glass, dan beralih ke antarmuka yang lebih flat serta berwarna natural.

Windows 11 telah mendapatkan kembali dukungan untuk desain sudut membulat dan sepertinya pembaruan utama berikutnya telah diatur untuk memperkenalkan sebuah fitur desain baru yang akan sedikit mirip dengan efek Aero dari Windows 7.

Bilah judul transparan untuk jendela aplikasi klasik akan kembali, merepresentasikan sebuah perubahan dari estetika sistem operasi Windows. Microsoft ingin memperbarui jendela tingkat atas dan pop-up aplikasi dengan sentuhan sebuah efek transparan baru, yang kemungkinan adalah Akrilik atau material baru lainnya. 

Untuk saat ini, penerapan dari efek Mica, yang merupakan sebuah efek transparan baru, dikhususkan untuk para pengembang, jadi pengguna hanya mendapatkan efek Mica ini pada aplikasi tertentu dan jendela aplikasi lainnya menggunakan desain sederhana. 

Desain Mirip Aero Glass di Windows 11

Desain Mirip Aero Glass di Windows 11

Merujuk pada sebuah tangkapan layar dari Windows Run yang secara tidak sengaja dibagikan saat acara webcast Windows Developer pada bulan Januari lalu, sangat jelas bahwa Microsoft berupaya mengembalikan desain Windows Aero yang digunakan pada era Windows 7 dan Windows Vista. 

Sebagai pengingat, Aero Glass Windows 7 atau Vista memberikan bilah judul pada jendela aplikasi sebuah tampilan yang halus dan transparan. Penerapan pada Windows Vista terlihat begitu bagus dan modern, namun itu lebih menghabiskan sumber daya ketimbang desain standarnya. 

Windows 11 versi 22H2 atau yang juga dikenal sebagai Sun Valley 2, membantu menciptakan ulang tampilan semacam ini pada bilah judul aplikasi. Sangat mungkin bagi Microsoft untuk menggunakan efek Akrilik untuk semua aplikasi lawas dan menyediakan efek Mica untuk aplikasi Windows bawaan.

Tidak seperti efek Akrilik, yang mengaktifkan efek transparan, Mica adalah sebuah efek buram, dan ini diterapkan ke jendela aplikasi, bilah judul dan bahkan ke latar belakang. Mica begitu halus dan menyulitkan anda untuk melihat wallpaper desktop di latar belakang. Akrilik di sisi lain merupakan efek yang memiliki kesan mewah, namun lebih banyak memakan sumber daya karena menampilkan wallpaper desktop dan jendela lainnya di balik aplikasi yang aktif. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend