Microsoft Perluas Penerapan Efek Mica ke Lebih Banyak Aplikasi

Microsoft Perluas Penerapan Efek Mica ke Lebih Banyak Aplikasi

Salah satu fitur atraktif yang dimiliki Windows 11 adalah tema atau material Mica, yang memberikan efek pada jendela dan kolom judul sejumlah aplikasi, tampilan yang transparan.

Material Mica yang baru ini terlihat sangat bagus dan Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa PC modern seharusnya tidak akan memiliki masalah dalam menerima efek baru itu, tidak seperti efek akrilik pada Fluent Design.

Mica akan terlihat dalam mode gelap dan akan mencoba menyelaraskan dengan warna latar belakang dari aplikasi dengan desktop dan memberikan tampilan transparan yang modern. Microsoft mengatakan bahwa efek Mica tidak akan menyebabkan adanya masalah kinerja dan akan bisa menghasilkan efek transparan di jendela tunggal maupun saat pengguna membuka banyak jendela aplikasi bersamaan. 

Microsoft sebelumnya telah memperbarui sejumlah aplikasi utama di Windows 11 seperti Edge, Movies & TV, MS Paint, Snipping Tools, Photos, Kalkulator dan lainnya dengan efek Mica. Sebagai bagian dari pembaruan Windows 11 berikutnya, yang kemungkinan pada pembaruan kumulatif atau pembaruan fitur utama mendatang, Microsoft berencana untuk memperluas ketersediaan Mica ke lebih banyak aplikasi. 

Misalnya, dalam Build terbaru, Microsoft diam-diam memperbarui sejumlah kolom judul aplikasi UWP seperti Tips dan Feedback Hub dengan menerapkan efek Mica. Kemungkinan Microsoft memperlakukan Mica sebagai tema ‘Aero Glass’ dan bisa saja menjadi desain fitur default untuk semua program UWP. 

Tidak seperti Mica, Aero Glass lebih menghabiskan lebih banyak sumber daya, namun juga terlihat sangat bagus dan berjalan tanpa banyak masalah di perangkat PC modern. 

Microsoft Word Dapatkan Efek Mica

Microsoft juga dikabarkan tengah mengerjakan desain baru untuk aplikasi Office desktop, termasuk Word, PowerPoint, Excel, Outlook dan Notepad. Desain baru ini juga sebagai bagian dari penyelarasan tampilan dengan Windows 11, dan sepertinya aplikasi Office ini akhirnya mendapatkan dukungan Mica, yang diterapkan ke latar belakang. 

Microsoft mengatakan bahwa perubahan desain ini didasari oleh feedback pengguna, dan pembaruan di build terbaru mengisyaratkan bahwa perubahan ini akan memberikan kesan yang lebih natural dan konsisten untuk semua pengguna. 

Untuk mengetahui informasi terkini seputar Windows, bisa mengunjungi link berikut ini:

Berita Terkini Seputar Windows

Kumpulan Tutorial Windows 10

Leave a Reply

Send this to a friend