• Our Partners:

Microsoft Resmi Hentikan Extended Support di Windows 7

Microsoft Resmi Hentikan Extended Support di Windows 7

Microsoft dikabarkan hari ini telah resmi menghentikan Extended Support  untuk sistem operasi Windows 7 mereka. dengan ini, Microsoft berharap agar pengguna Windows 7 bisa langsung pindah ke sistem operasi terbaru mereka, Rabu (11/01).

Kemarin, kami telah memberikan kabar terbaru dari Microsoft yang mana telah resmi menghentikan dukungan mereka untuk Windows 8.1. Sebenarnya, Microsoft juga sudah memberikan peringatan yang sama untuk mereka yang menggunakan Windows 7.

Beberapa minggu yang lalu misalnya, pengguna Windows 7 sudah mendapatkan peringatan dari Google Chrome yang mana sudah tak akan lagi memberikan dukungan mereka untuk menjalankan software mereka di Windows 7 karena dukungan sistem yang sudah tak memungkinkan untuk digunakan.

Sebelum hari ini, Microsoft sempat memberikan dukungan Extended Support untuk pengguna Windows 7, di mana memang dukungan ini khusus dilahirkan untuk mereka yang masih menggunakan sistem operasi yang sebenarnya sudah tak didukung, di mana Microsoft akan memberikan pembaruan untuk menjaga sistem keamanan.

Tetapi, tetap saja program Extended Support ini akan berbayar dan memakan jangka waktu yang telah ditentukan. Hingga akhirnya hari ini, bulan Januari 2023 Microsoft sudah memberikan keputusan resmi bahwa mereka sudah menghentikan layanan Extended Support untuk pengguna Windows 7.

Layanan ESU yang diluncurkan oleh Microsoft juga sayangnya sudah tak diluncurkan kembali, perusahaan telah meluncurkan ESU mereka sejak tiga tahun ke belakang yaitu tahun 2020, 2021 dan 2022. Microsoft juga menekankan bahwa sudah tak ada ESU baru lagi untuk pengguna Windows 7 ke depannya.

“Organizations can purchase ESU at any time during the three years that the offer is available (2020, 2021, and 2022). If an organization waits and purchases ESU for the first time in year two or year three, it’ll also have to pay for the preceding years. It’s because the security updates that are offered under the ESU program are cumulative,” tulis Microsoft.

Dengan langkah yang mereka ambil, maka jalan satu-satunya pengguna Windows 7 harus menggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows 11. Mengingat layanan Windows 10 juga mulai berakhir tahun depan.

Editor: Hudalil Mustakim

Download berbagai jenis aplikasi terbaru, mulai dari aplikasi windows, android, driver dan sistem operasi secara gratis hanya di Nesabamedia.com:

Download Software Windows

Download Aplikasi Android

Download Driver Printer

Download Sistem Operasi

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend