Microsoft Project xCloud di Android

Microsoft Rilis Project xCloud di Android 15 September

NESABAMEDIA.COMMicrosoft dikabarkan akan merilis layanan cloud gaming besutan mereka yang bernama Project xCloud, pada 15 September mendatang secara eksklusif di perangkat Android. Project xCloud itu akan dijual dalam paket bundling dengan paket langganan Game Pass Ultimate Xbox seharga USD 14,99 atau sekitar Rp 210 ribu per bulan. 

Dalam paket bundling tersebut, Microsoft akan menawarkan 100 judul game yang bisa dimainkan dalam perangkat ponsel Android maupun tablet. Sayangnya, layanan cloud gaming itu nantinya hanya tersedia untuk perangkat Android saja terlebih dahulu, dan untuk perangkat iOS akan hadir kemudian.

Pihak Microsoft menjelaskan bahwa mereka memang sangat berambisi untuk bisa menghadirkan layanan cloud gaming Project xCloud mereka untuk perangkat Android. Dan ke depan mereka juga menargetkan layanan cloud gaming itu bisa tersedia untuk segala perangkat dengan beragam sistem operasi. 

Xbox Ultimate Game Pass Android

Xbox Ultimate Game Pass Android

Tentunya tidak hadirnya layanan cloud game itu di perangkat iOS membuat kekecewaan di hati para pengguna produk besutan Apple itu. Namun bukan berarti Microsoft tidak memiliki alasan yang mendasar dan kuat. Pasalnya Microsoft sendiri sebelumnya telah melakukan uji coba layanan Project xCloud pada perangkat iOS dan hasilnya sangat mengecewakan.

Salah satu faktor utama dari kegagalan dalam uji coba Project xCloud di perangkat iOS tak lain karena adanya batasan dari sistem operasi itu sendiri. Kebijakan yang ada pada perangkat iOS membuat layanan cloud gaming Microsoft tidak bisa beroperasi seperti seharusnya.

Pihak Microsoft juga tidak menjelaskan, kebijakan aturan mana pada perangkat iOS yang membuat layanan mereka tidak bisa berjalan maksimal. Akan tetapi hal yang sama juga terjadi pada layanan cloud gaming milik Google yakni Stadia yang juga tidak lulus uji coba saat digunakan di iPhone maupun iPad. 

Sementara jika melihat kebijakan yang ada pada perangkat iOS itu, kemungkinan besar adalah masalah pembagian hasil dari penjualan di dalam game. Apple menerapkan kebijakan untuk mengambil jatah 30 persen untuk setiap transaksi dan hal itu dikeluhkan oleh para developer. Kebijakan itu bahkan sampai membuat Apple berada di persidangan, karena dianggap telah melakukan monopoli dagang. 

Leave a Reply

Send this to a friend