Microsoft Rilis Windows App SDK 1.0.0.0 Experimental

Microsoft Rilis Windows App SDK 1.0.0.0 Experimental

NESABAMEDIA.COMMicrosoft baru saja meluncurkan Windows APP SDK 1.0.0-experimental, yang merupakan sebuah toolkit yang akan menunjang para pengembang aplikasi untuk menciptakan aplikasi dengan antarmuka, API dan fitur modern Windows. Versi 1.0.0 dari SDK itu membawa beberapa fitur dan peningkatan seperti:

WinUI 3

Rilisan WinUI 3 ini difokuskan pada pembangunan fitur baru untuk versi 1.0 yang stabil dan juga memperbaiki bug. Fitur baru yang ada adalah dukungan untuk menampilkan ContentDialog per jendela aplikasi daripada setiap thread. 

Misalnya, untuk melihat kontrol dan fitur WinUI 3 bekerja, pengguna bisa mengkloning dan membangun aplikasi Control Gallery WinUI 3 dari GitHub, atau mengunduh aplikasi dari Microsoft Store. 

Push Notifications

Rilisan ini juga memperkenalkan sebuah API push notification yang bisa digunakan oleh paket MSIX aplikasi desktop dengan identitas berbasis daftar aplikasi Azure. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna diharuskan masuk ke pratinjau privat Microsoft. 

Namun perlu dicatat, ada beberapa keterbatasan pada fitur ini yang seperti hanya mendukung paket aplikasi MSIX yang berjalan di Windows 10 versi 2004 atau yang lebih baru. Lalu Microsoft juga memiliki hak untuk menonaktifkan atau mencabut aplikasi dari push notifikasi dalam pratinjau privat. Microsoft juga tidak menjamin keandalan atau keterlambatan dari push notification. Selama pratinjau privat, jumlah push notification hanya dibatasi 1 juta per bulannya. 

Windowing

Rilisan ini juga termasuk pembaruan pada API windowing. Ini adalah setelah tingkat atas yang difokuskan pada kelas AppWindow, yang memungkinkan untuk skenario windowing yang mudah digunakan yang terintegrasi dengan baik pada pengalaman pengguna dan aplikasi Windows lainnya. Ini mirip, tapi tidak serupa dengan AppWindow pada UWP.

Pendistribusian Aplikasi Yang Belum Dikemas

Rilisan ini juga memperkenalkan pembaruan pada fitur Dynamic Dependencies termasuk API bootstrapper. Beberapa keterbatasannya yakni fitur Dynamic Dependencies hanya mendukung aplikasi yang belum dikemas yaitu aplikasi yang tidak menggunakan MSIX dalam penerapan teknologinya. Pengalihan panggilan juga tidak didukung pada versi baru ini.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend