• Our Partners:

DuckDuckGo

Microsoft Script akan digunakan di DuckDuckGo Browser

NESABAMEDIA.COM – DuckDuckGo Browser akhirnya akan memberikan kesempatan kepada Microsoft, untuk membagikan keamanan mereka dengan menggunakan sistem lain. Di mana, Microsoft akan mengambil alih untuk menjalanlan script pihak ketiga dari Microsoft, Sabtu (06/08).

Setelah melakukan evaluasi, kini DuckDuckGo Browser akhirnya memberikan kesempatan kepada pengembang lain, untuk menjalankan script mereka ketika menggunakan DuckDuckGo Browser.

DuckDuckGo Browser sendiri telah melalukan evaluasi ini sejak bulan Mei 2022 kemarin, di mana akhirnya memperbolehkan Microsoft untuk dapat menjalankan script mereka sendiri. Ini berkaitan dengan keamanan dan privasi pengguna selama berselancar di internet, dengan mengakses situs website tertentu, tidak akan menjamin keselamatan daya pengguna.

Maka dari itu, DuckDuckGo Browser sangat memperhatikan apa yang akan dilakukan Microsoft untuk meningkatkan keamanan data dan privasi. Mereka memiliki sebuah script yang secara otomatis memblokir akses ilegal dari Facebook, Google, dan platform lainnya yang mencurigakan.

Seorang peneliti keamanan, Zach Edwards memberikan pernyataannya terkait mengapa DuckDuckGo Browser membutuhkan waktu yang terbilang lama, sebelum akhirnya memutuskan menerima kerja sama Microsoft tersebut.

Script yang digunakan oleh Microsoft, telah digunakan oleh Edge dan mesin pencarian mereka, Bing. Ketika Microsoft menerapkan script ini, maka mereka akan menampilkan sejumlah iklan yang relevan dengan pencarian konsumen, tentu ini menimbulkan kecurigaan bahwa perusahaan melacak data pencarian konsumen.

Meskipun begitu, script ini akhirnya sudah tidak digunakan oleh Microsoft baik untuk layanan mesin pencarian Bing maupun browser Edge mereka. Namun pada akhirnya, kerja sama Microsoft dan DuckDuckGo Browser ini menjanjikan, karena perusahaan berjanji tidak akan menggunakan data pengguna untuk melacak dan menghadirkan iklan yang sesuai dengan pencarian mereka.

CEO Weinberg juga mengatakan bahwa dia sendiri sadar akan kekhawatiran penggunanya selama kerja sama ini berlangsung. Dia memastikan bahwa perusahaan akan berusaha akan lebih terbuka dalam masalah proteksi keamanan dan data pengguna. Mengingat perusahaan besar seperti Microsoft akan menggunakan data pengguna dalam kebutuhan iklan, DuckDuckGo Browser berjanji hal itu tidak akan terjadi.

Sampai saat ini masih belum memiliki titik temu yang baik, mengingat ada banyak pakar yang memberikan pernyataan bahwa script dari Microsoft banyak diblokir oleh situs wesbite, termasuk ketika menggunakan layanan DuckDuckGo Browser.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend