Windows 11 UI

Microsoft Tambahkan Custom Animasi Taskbar

NESABAMEDIA.COM – Beberapa waktu lalu, pengguna Windows 11 2022 beta menyatakan bahwa Microsoft terlihat telah menghapus fitur animasi yang ada pada tampilan Taskbar. Namun, agaknya ini hanya kesalahan sistem saja. Versi uji coba memperlihatkan bahwa Windows 11 2022 memiliki fitur pengaturan untuk tampilan Taskbar, Kamis (25/08).

Kini, Microsoft memberikan pengaturan bagi pengguna untuk dapat mengatur animasi pada Taskbar. Sebelumnya, dalam versi uji coba terlihat bahwa tampilan Taskbar ini akan memiliki animasi, gabungan animasi Fly-Up dan Zoom-In. Tampilan ini kemudian dapat diakses dan diatur dengan menggunakan sebuah Tools yang disediakan pada Windows.

Dengan menggunakan ViveTool, maka animasi pada tampilan Taskbar akan muncul dengan gerakan yang lebih cepat dan ringan. Sebelumnya, animasi ini memang telah ada di Windows 10, tetapi kemudian dihapus pada versi lebih lanjut.

Namun, untuk dapat menggunakan ViveTools sendiri memang harus menggunakan kode khusus. Pengguna dapat mengaksesnya dan memasukkan IDE 39751186 yang mana telah terpasang secara Default pada Windows 11 Insider Build 25182.

Melalui laman akun Twitter, pengguna membagikan fitur ViveTools yang memberikan akses untuk dapat mengatur penggunaan dari animasi pada Taskbar Windows 11. Melalui sebuah video, ketika pengguna telah mengaktifkannya maka tampilan animasi akan bergerak cepat. Jika diperhatikan, maka tampilan animasi ini akan bergerak lebih cepat tanpa menggunakan animasi Fly-Up.

Efek yang diberikan pada tampilan Taskbar ini akan berupa Zoom-In yang terlihat lebih cepat dan gerakan yang lebih halus. Namun untuk beberapa pengguna, mengaktifkan efek ini akan sedikit mengurangi pengalaman menggunakan Windows 11 dengan animasi khas mereka.

Tetapi, bagi pengguna yang penasaran akan kostumasi tampilan Taskbar di Windows 11, maka dapat mengaksesnya pada terminal dengan perintah

vivetool /enable /id:39751186

sedangkan untuk mereka yang ingin menonaktifkan fitur ViveTools, maka hanya perlu mengisi perintah yang sama namun dengan mengganti perintah Enable menjadi Disable. Mudah bukan? Perintah ini dapat diakses kapan saja karena memang telah menjadi bagian dari perintah yang ada di Windows 11 versi beta. Namun, diperkirakan akan tersedia dalam versi Final nanti.

Hingga saat ini, Microsoft dikabarkan akan merilis Window 11 versi terbaru mereka pada bulan September mendatang. Jika memang benar, maka hanya menunggu waktu kurang dari satu bulan jelang peluncurannya.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend