• Our Partners:

Microsoft Ubah Desain Dialog Shutdown dan WinRE Windows 11

Microsoft Ubah Desain Dialog Shutdown dan WinRE Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft secara aktif melakukan perombakan antarmuka pengguna Windows 11 untuk membawanya semakin selaras dengan desain estetik WinUI. Pada Windows 11 Build 25115, kotak dialog Shut Down termasuk juga WinRE mendapatkan perubahan tampilan. 

Ketika pengguna menekan tombol Alt+F4, opsi kotak dialog shutdown perangkat muncul. Kotak ini di Windows 11 mirip dengan yang ada di Windows 10. Oleh karenanya, Microsoft mencoba mengubah tampilan tersebut dengan memberikannya suasana yang lebih modern. 

Kotak dialog shutdown ini termasuk menu drop-down, yang memberikan pengguna pilihan untuk menjadikan perangkat dalam status hibernasi, mati atau restart. Semua pilihan ini terlihat begitu berbeda di Windows 11 Build 25115. Microsoft mencoba sedikit melakukan pembaruan antarmuka dari dialog Alt+F4 yang terkenal. 

Kehadiran WIndows 11 memang menggantikan logo Windows tradisional dengan tampilan yang lebih bersih. Namun rupanya perubahan itu ironisnya justru menjadikan tampilan baru itu malah mirip dengan dialog era Windows 95. 

Saat mengenalkan Windows 11, Microsoft secara aktif menambahkan elemen WinUI seperti Mica ke berbagai aspek sistem operasi. Dialog shutdown sepertinya ketinggalan transisi ini, namun build 25115 mengaktifkan tampilan baru. Saat ini, Mica diterapkan ke bilah judul aplikasi Windows saja, sementara Fluent Design belum ada. 

Selain melakukan perubahan pada kotak dialog Shutdown, Microsoft juga tengah menguji ikon WinUI dan Fluent Design untuk Windows Recovery Environment (WinRE). Windows 11 masih menggunakan antarmuka WinRE era Windows 8, yang terlihat ketinggalan zaman dengan sistem operasi modern. Microsoft baru-baru ini mengganti banyak sekali ikon WinRE dengan ikon yang lebih baru.

Meskipun perubahan ini bukanlah sebuah perubahan besar, ini mengindikasikan bahwa Microsoft sangat serius untuk memastikan terciptanya konsistensi di berbagai elemen desain di Windows 11. 

Namun perlu dicatat, meskipun perubahan kosmetik di build 25115 ini telah tersedia di saluran pengembang, dan selaras dengan aspek lain di sistem operasi, tidak ada jaminan bahwa Microsoft nantinya tetap akan mempertahankan desain semacam ini pada Windows 11 23H2 yang dirilis tahun depan.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend