• Our Partners:

Steam Deck Kini Mendukung Driver Audio Windows

Steam Deck Kini Mendukung Driver Audio Windows

NESABAMEDIA.COMBulan lalu, Valve merilis pembaruan untuk Steam OS untuk membawa dukungan resmi Windows 11 di perangkat konsol game Steam Deck. Meski demikian, dukungan sistem operasi Windows di perangkat konsol genggam dari Valve itu masih buruk, dan banyak komponen penting yang tidak ada. Salah satu komponen penting yang belum tersedia di Steam Deck Windows 11 adalah dukungan driver audio. 

Baru-baru ini, Valve telah memperbaiki masalah kebutuhan driver audio di Steam Deck versi Windows 11, dengan merilis driver audio resmi.

Perilisan ini berarti memungkinkan pengguna Steam Deck Windows untuk bisa menggunakan speaker bawaan dan juga headphone. Sebelumnya, dukungan audio untuk Steam Deck Windows hanya bisa dilakukan menggunakan Bluetooth. 

Meskipun kini Steam Deck telah memiliki semua driver yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan sistem operasi Windows 11 atau 10 seperti halnya perangkat komputer kebanyakan, namun mengganti Steam OS masih jauh dari kata sempurna dan tidak ramah pengguna. 

Steam Deck tidak mendukung dual-boot secara resmi, jadi anda harus menghapus drive konsol game itu sebelum memasang Windows. Masalah ini, adalah yang saat ini sedang coba diatasi oleh valve, dan perusahaan berjanji untuk memperbaikinya dengan perilisan Steam OS 3 di masa mendatang.

Di sisi lain, tidak semua pengguna Steam Deck berminat untuk mengganti Steam OS dengan Windows, jadi secara alami Valve lebih tertarik untuk meningkatkan sistem operasi konsol game asli itu. Salah satu peningkatan terbaru adalah opsi untuk mengubah kecepatan refresh tiap game. Valve menginginkan agar perangkatnya itu bisa menjadi sebuah perangkat yang fleksibel dan ramah eksperimen, namun tentu saja hal ini membutuhkan waktu yang lama untuk memperbaiki semua bagian yang dibutuhkan.

Anda bisa mengunduh driver Windows terbaru untuk Steam Deck melalui situs resmi dukungan Steam di halaman berikut ini

Walaupun mayoritas pengguna Steam Deck tidak terlalu peduli soal penggantian sistem operasi, namun ada saja pengguna lain yang mencoba bereksperimen lebih jauh. Salah satunya adalah seorang Youtuber yang mencoba menghubungkan GPU flagship ke Steam Deck. 

YouTube video

 

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend