Microsoft Windows 10 Password Kata Sandi Bug

Microsoft Uji Coba Perbaikan Bug Yang Hapus Kata Sandi Pengguna Windows 10

NESABAMEDIA.COMPada bulan November lalu, Microsoft mengkonfirmasi adanya bug baru yang menyebabkan Windows 10 gagal mengingat dan menyimpan kata sandi di sejumlah aplikasi seperti Chrome, Edge, OneDrive dan lainnya. Microsoft mengatakan masalah itu terjadi secara acak, dan pada aplikasi yang berbeda-beda, yang membuat mereka kesusahan melakukan pelacakan untuk menemukan sumber masalah utama.

Bug Windows 10 yang membuat banyak pengguna frustrasi ini secara garis besar mencegah software untuk bisa mengingat dan menyimpan kata sandi pengguna. Dengan kata lain, pengguna yang terdampak harus selalu memasukkan nama dan kata sandi mereka ketika akan menggunakan perangkat PC.

“Setelah meningkatkan Windows 10 ke versi 2004, sistem tidak lagi mampu mengingat kata sandi di sejumlah aplikasi yang ada, termasuk browser, dan secara terus menerus meminta saya untuk login setiap hendak menggunakan aplikasi itu,” keluh salah seorang pengguna yang terdampak bug tersebut.

Laporan adanya bug itu pertama kali terungkap pada bulan April silam, dan kemungkinan baru akan mendapatkan perbaikan pada pembaruan kumulatif berikutnya, yang diperkirakan akan dirilis pada bulan Februari atau Maret tahun 2021 mendatang.

Pengguna mengungkapkan bahwa kata sandi yang tidak bisa disimpan itu adalah kata sandi untuk sejumlah aplikasi seperti OneDrive, Outlook, Microsoft Edge, Akun Microsoft, Akun Google, Chrome, Adobe CC dan lain sebagainya.

Peneliti Google bernama Tavis Ormandy menambahkan, dalam kondisi tertentu program Task Scheduler juga akan mengacaukan kata sandi pengguna yang disimpan di LSASS, yang digunakan untuk melakukan enkripsi kunci DPAPI pengguna. Dampaknya, kata sandi itu secara acak diabaikan oleh sistem, dan pengguna diminta untuk memasukkan kata sandi mereka lagi.

Untuk saat ini, Microsoft mengaku telah menemukan solusi permanen dari bug yang sangat mengganggu itu, yang mencegah aplikasi menyimpan kata sandi pengguna. Microsoft menjelaskan bahwa perbaikannya baru saja dirilis untuk uji coba di program Windows Insider terlebih dahulu. 

“Masalah ini hanya berdampak pada sejumlah kecil pengguna yang menggunakan task S4U, dan kini sudah diperbaiki dengan pembaruan di Windows 10 Insider terbaru,” kata pihak Microsoft.

Bug itu, yang juga disebutkan bisa menghapus cookies di browser web, akan diperbaiki untuk pengguna umum pada pembaruan opsional berikutnya, sebelum benar-benar hadir ke seluruh perangkat melalui pembaruan Patch Tuesday.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend