Microsoft Uji Widget Desktop Pencarian Web di Windows 11

Microsoft Uji Widget Desktop Pencarian Web di Windows 11

NESABAMEDIA.COMMicrosoft tengah menambahkan sebuah pencairan web opsional ke Windows 11, dalam build Pratinjau Insider terbaru.

Microsoft menjelaskan fitur tersebut sebagai konten interaktif yang ringan. Karena opsional, maka pengguna nantinya bisa mematikan atau mengaktifkan fitur ini dengan mengklik kanan pada desktop dan memilih “Show More Options” dan kemudian memilih opsi “Show Search”.

Jika anda menjalankan versi pratinjau terbaru, disarankan untuk melakukan restart perangkat agar sistem bisa memunculkan kotak pencarian baru tersebut di perangkat anda. 

Apakah ini sebuah fitur yang banyak gunanya? Bagi sebagian orang mungkin, namun bagi sebagian lainnya mungkin tidak. Perlu diperjelas lagi bahwa ini adalah pencarian web, dan bukannya pencarian sistem, yang bisa anda tambahkan ke Taskbar di Windows 10 atau 11 untuk akses yang lebih mudah. Ini juga akan berguna apabila anda harus dengan cepat membuka konten setelah mulai menyalakan komputer. 

Namun bagi sebagian pengguna lainnya, mereka lebih terbiasa membuka sebuah jendela browser, dan berpikir langkah ini jauh lebih mudah untuk melakukan pencarian dari browser ketimbang harus melalui desktop. 

Pada bulan Februari lalu, Microsoft mengatakan bahwa mereka akan mencoba konsep dengan waktu tunggu yang lebih lama di saluran Pengembang. Kotak pencarian di Insider build Windows terbaru ini adalah contoh dari salah satu jenis fitur tersebut. Microsoft menjelaskan bahwa jenis fitur ini mungkin tidak akan pernah hadir ke Windows di saluran produksi, namun tetap akan ada untuk mendapatkan umpan balik dari pengguna.

“Dimulai dengan build pratinjau ini, beberapa pengguna Insider akan melihat salah satu fitur konseptual ini saat kami mulai mengeksplorasi dan mengekspos konten interaktif ringan di desktop Windows. Sekarang, Windows akan menampilkan jenis konten semacam ini di papan Widget. Untuk mulai menilai ide umum dan model interaksinya, eksplorasi pertama di area ini akan menambahkan kotak pencarian yang ditampilkan di desktop, yang memungkinkan anda untuk menelusuri web dari sana,” ungkap Microsoft dalam postingan blognya soal Build 25120.

Apapun itu, sangat menarik untuk melihat bahwa Microsoft mencoba bermain dengan widget desktop, ketimbang harus membuat alat yang dipisahkan ke panel berbeda di Windows.

Editor: Muchammad Zakaria

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend