Microsoft Ungkap Perkembangan Dari Layanan Windows Virtual Desktop

Microsoft Ungkap Perkembangan Dari Layanan Windows Virtual Desktop

NESABAMEDIA.COMMicrosoft membahas sejumlah perkembangan yang telah mereka lakukan pada Windows Virtual Desktop (WVD). Detail perkembangan yang disampaikan merupakan bagian dari video presentasi WVD Master class, yang berdurasi sekitar 7 jam lamanya. Presentasi itu dilakukan oleh Kam VedBrat, Program Manager dari Windows Virtual Desktop. 

WVD telah tersedia secara komersial sejak bulan September 2019 silam. Ini adalah layanan infrastruktur dari desktop virtual Microsoft. WVD memungkinkan organisasi atau perusahaan untuk mengakses aplikasi berbasis Windows 10 dan Windows 7 dari sebuah mesin virtual atau server jarak jauh melalui data center Azure. 

Pendekatan yang dilakukan oleh infrastruktur desktop mesin virtual ini menawarkan keuntungan dengan penggunaan klien yang sederhana, penerapan terpusat dan kemampuan pengelolaan. Namun sayangnya, komentar para pengguna menyebut bahwa penggunaan WVD itu saat ini masih cukup rumit dan kurang memudahkan. 

VedBrat mengatakan bahwa Microsoft saat ini tengah berupaya untuk bisa menyederhanakan penggunaan WVD seperti yang banyak dikeluhkan oleh pengguna. Sehingga diharapkan, ke depannya akan semakin banyak organisasi atau perusahaan yang beralih menggunakan WVD. 

“Area pertama yang diupayakan adalah soal bagaimana membuat layanan itu mudah untuk digunakan dan dikelola. Awal tahun lalu, kami telah mulai berinvestasi pada sisi integrasi dengan Azure Portal dan Azure Resource Manager, sehingga diharapkan mampu memberikan pengalaman kelas atas kepada pengguna,” ungkap VedBrat. 

Dia kemudian memuji dukungan migrasi WVD dari mitra mereka yakni Citrix dan VMware. Microsoft juga berupaya menerapkan metode Quick Start, sehingga pengguna bisa secara mudah dan cepat untuk mengaktifkan dan menjalankan WVD hanya dalam beberapa menit menggunakan Azure DevOps. 

Microsoft juga tengah mengerjakan integrasi WVD dengan Microsoft Endpoint Manager dan Azure Security Center. Pihaknya juga membuat peningkatan pada Remote Desktop Protocol yang digunakan dengan layanan WVD. VedBrat memperkirakan sejauh ini sudah ada sekitar 47 peningkatan dalam kurun waktu enam bulan saja sejak layanan itu diluncurkan.

Di akhir penjelasan, VedBrat juga menginformasikan bahwa saat ini pihaknya tengah mengadakan promo diskon berlangganan layanan WVD untuk para pengguna baru. Diskon sebesar 30 persen itu akan berlaku sampai dengan tanggal 31 Maret 2021. 

Leave a Reply

Send this to a friend