• Our Partners:

Mode Gelap Windows 11 Akan Gunakan Suara Yang Menenangkan

Mode Gelap Windows 11 Akan Gunakan Suara Yang Menenangkan

NESABAMEDIA.COMBeberapa pengguna Windows 11 mendengar adanya perubahan suara ketika beralih antara mode terang dan gelap. Perubahan suara tersebut rupanya merupakan upaya dari Microsoft, yakni “making the technology calm”. Menurut mereka, suara yang lembut bisa memberikan efek yang menenangkan.

Anggapan tersebut benar adanya. Bayangkan saja, ketika ada orang berteriak di depan wajah anda, dan orang yang membisikkan sesuatu ke telinga, tentu anda akan merasa lebih nyaman dan tenang dengan suara bisikkan bukan?

“Suara Windows 10 itu tajam, benar-benar dibuat dengan panjang gelombang yang tajam. Di Windows 11, kami telah fokus untuk membuat teknologi menjadi tenang. Untuk melakukan ini, kami perlu mengevaluasi kembali soundscape kami agar tetap tenang,” ungkap Microsoft.

Microsoft menyamakan fitur ini dengan upaya mereka seperti bahasa desain visual yang diterapkan pada Windows 11 secara keseluruhan. Ini bukan perubahan yang mengejutkan dari Windows 10, tetapi jika pengguna melihat lebih dekat, maka akan melihat hal-hal berbeda seperti sudut membulat. Demikian pula, Microsoft menerapkan filosofi yang sama pada suara “untuk melembutkan perasaan dan pengalaman”.

“Suara yang baru memiliki panjang gelombang yang jauh lebih bulat, membuatnya lebih lembut sehingga tetap dapat mengingatkan atau memberitahu pengguna, namun tidak berlebihan,” tambah Microsoft.

Pernyataan Microsoft itu seperti sebuah jendela dari pemikiran mereka. Itu juga menunjukkan bahwa Microsoft mencoba konsisten dengan upaya terbaik di masa lalu. Hal ini salah satunya terlihat dari tampilan BSOD yang berwarna biru. Konsepnya adalah ketika mengalami BSOD, pengguna pasti akan merasa frustasi, dan Microsoft memilih warna biru yang dianggap warna yang menenangkan.

Meskipun sebenarnya ketika mengalami BSOD pengguna lebih memilih agar Microsoft bisa memberikan pesan yang detail terkait error yang dialami, ketimbang sebaris kalimat terlalu teknis seperti IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL. Tapi apa pun itu, setidaknya pengguna mendapatkan warna yang menenangkan, dan dengan mode gelap di Windows 11, Microsoft menghadirkan suara yang lebih lembut.

Ini menimbulkan pertanyaan, jika memang penerapan suara soundscape semacam itu jauh lebih menenangkan, mengapa tidak menerapkannya di mode terang dan juga gelap? Ternyata ada beberapa alasan lain mengapa mereka terdengar berbeda.

“Kami memperkenalkan opsi suara terang dan gelap sehingga orang yang mungkin memiliki visibilitas rendah atau tidak memiliki penglihatan tetap dapat merasakan perbedaan antara tema terang dan gelap dengan suara,” kata Microsoft.

Sekarang hal itu masuk akal. Tetapi pernyataan itu masih menyisakan kebingungan, karena tampaknya Microsoft memiliki tujuan yang lebih luas dari apa yang diperkirakan, ketika mengubah profil suara untuk mode terang dan gelap.

“Suara yang bertema meningkatkan produktivitas dengan mencocokkan gaya kerja pengguna. Suara gelap membantu pengguna tetap fokus sementara suara ringan memastikan pengguna selalu terjaga,” tambah Microsoft.

Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend