• Our Partners:

Modis, Perangkat VR Buatan Facebook Ini Mirip Kacamata Hitam Modern

NESABAMEDIA.COM – Kemajuan teknologi Virtual Reality (VR) membuat pengguna dapat melihat tayangan yang tidak ada di tempat secara nyata. Teknologi VR direalisasikan melalui perangkat khusus supaya tayangan bisa dilihat oleh mata. Jenis perangkat VR pun beragam mulai dari seukuran wajah hingga pelindung mata tebal dengan pengikat di kepala.

Kini, Facebook tak ingin ketinggalan untuk berinovasi dalam menciptakan perangkat VR kekinian. Uniknya, perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini menyita perhatian publik ketika membocorkan prototipe perangkat VR. Hal ini tidak mengherankan karena perangkat VR itu berbentuk seperti kacamata hitam biasa!

Facebook pun menggandeng Oculus, perusahaan spesialis VR yang dimiliki Facebook, untuk mengembangkan perangkat VR berkonsep kacamata hitam. Secara spesifik, perancangan perangkat VR ini dilakukan oleh divisi Facebook Reality Labs.

Sebelumnya, Oculus telah meluncurkan headset VR Oculus Rift S seharga 399 dolar atau Rp 5,7 juta pada tahun 2019 lalu. Produk pionir ini pun memotivasi Facebook untuk merilis kacamata VR. Selain lebih modis, penggunaan kacamata VR akan terasa lebih nyaman karena tidak terlalu berat dan praktis untuk dibawa kemana-mana karena berukuran kecil.

Secara keseluruhan, tebal kacamata VR oleh Facebook ini ialah 9mm. Kinerja optik pada perangkat VR ini didukung oleh film holografik super tipis dengan ketebalan kurang dari 0,35 inci yang lebih tipis dari layar LCD atau layar OLED ponsel. Total berat modul display dalam kacamata VR ini pun hanya 18 gram. Berat ini sangat jauh lebih kecil daripada produk buatan para kompetitor, seperti Huawei, Panasonic, dan Pico, dimana memiliki berat rata-rata sebesar 150 gram.

Model Perangkat VR Oleh Facebook dan Oculus (Sumber: Facebook)

Karena masih berupa prototipe, tayangan yang ditunjukkan oleh kacamata VR masih berupa hitam putih. Ke depannya, pihak Facebook berkomitmen untuk menampilkan tayangan yang lebih berwarna. Beberapa perbaikan lain yang tengah digarap ialah resolusi, koneksi perangkat, serta usia baterai.

Dengan perangkat VR ala kacamata hitam, Anda tentu lebih puas, tidak cepat merasakan sakit mata, dan merasa lebih keren selama memakainya. Apakah Anda termasuk dalam salah satu orang yang ingin menjajal kacamata VR dari Facebook?

Leave a Reply