• Our Partners:

google fitbit acquisition

Koalisi Pelindung Privasi: Akuisisi Fitbit oleh Google Harus Diawasi Ketat

NESABAMEDIA.COM – Akuisisi gawai pelacak kebugaran Fitbit Inc. oleh Alphabet Inc. Google harus mendapat pengawasan ketat dari pembuat kebijakan global karena itu akan memungkinkan Google untuk memperkuat posisinya yang sudah dominan di pasar digital, kata kelompok pembela perlindungan privasi dan konsumen.

Sebuah koalisi dari 20 organisasi mengangkat kekhawatiran mereka pada Kamis dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke otoritas antimonopoli di tujuh yurisdiksi, termasuk Amerika Serikat dan Uni Eropa, yang akan memutuskan untuk menangani kesepakatan akhir bulan ini atau memperpanjang ulasannya.

“Ini akan menjadi ujian bagi para pengatur kebijakan untuk mengatasi kekuatan luar biasa yang diberikan raksasa teknologi atas ekonomi digital dan kemampuan mereka untuk memperluas ekosistem mereka tanpa terkendali,” kata kelompok itu.

Uni Eropa memiliki tenggat hingga 20 Juli untuk memutuskan kesepakatan $2,1 miliar, yang dapat diperpanjang empat bulan jika melihat masalah antimonopoli yang perlu diteliti lebih lanjut. Departemen Kehakiman juga sedang menyelidiki, sementara otoritas merger Australia menandai kekhawatiran awal bulan lalu atas akses Google ke data kesehatan.

Google mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Rabu malam bahwa “kesepakatan ini adalah tentang perangkat, bukan data. Ruang yang dapat dikenakan sangat ramai, dan kami percaya kombinasi upaya perangkat keras Google dan Fitbit akan meningkatkan persaingan di sektor ini, memberi manfaat bagi konsumen dan membuat generasi perangkat berikutnya menjadi lebih baik dan lebih terjangkau. ”

Rencana Google untuk membeli Fitbit memicu masalah antimonopoli dan privasi segera setelah diumumkan pada bulan November 2019, ketika anggota parlemen Amerika Serikat dan kelompok konsumen mengkritik Google untuk kesepakatan tersebut. Kesepakatan tersebut terjadi di tengah-tengah penyelidikan antimonopoli yang terpisah oleh Departemen Kehakiman tentang apakah Google memonopoli pasar iklan digital secara ilegal.

Dalam pernyataan mereka pada hari Kamis, kelompok konsumen memperingatkan bahwa Google mengakuisisi Fitbit, yang memiliki sekitar 30 juta pengguna, dapat memungkinkannya untuk memperluas kekuatan yang ada di pasar digital ke layanan kesehatan dan berpotensi merusak kompetisi baru.

Kelompok-kelompok yang bergabung dengan pernyataan tersebut termasuk Omidyar Network, Lembaga Terbuka Masyarakat Kebijakan Eropa, Privacy International, dan Australian Privacy Foundation. Mereka juga mengirim pernyataan kepada otoritas setempat di Inggris, Kanada, Australia, Meksiko, dan Brasil.

Leave a Reply