Mulai Hari Ini, Intel Hentikan Produksi CPU Gemini Lake

NESABAMEDIA.COM – Gemini Lake atau biasa disebut dengan GLK, salah satu prosesor Intel keluaran akhir tahun 2017 lalu resmi mengakhiri produksi dan penjualannya. Produk CPU yang dibangun dengan arsitektur mikro Goldmont Plus itu telah sukses dijual meskipun telah memiliki suksesor yaitu Gemini Lake Refresh (Gemini Lake R) yang diluncurkan pada tahun 2019 lalu. Gemini Lake sendiri merupakan penerus dari Apollo Lake.

Gemini Lake didesain dalam versi low-end Pentium Silver (N5000 dan J5005) atau Celeron (N4000C, J4115, J4105, J4005, N4100, dan N4000) dengan dua hingga empat buah inti. Produk berukuran 25 mm x 24 mm ini memiliki laju clock dasar dari 1,1 GHz hingga 2 GHz yang didukung dengan dorongan mencapai 2,4 GHz dan 2,8 GHz. Hal ini dilengkapi dengan cache tingkat L2 sebesar 4 MB.

Berbeda dengan Gemini Lake, suksesornya masih akan beredar di pasaran. Gemini Lake Refresh akan menjadi produk yang lebih terjangkau meskipun tidak menerapkan perbedaan arsitektur mikro dan tetap memiliki fitur TDP (Thermal Design Power) mencapai 6 W atau 10 W. Produk berseri J memiliki TDP sebesar 10 W sementara produk berseri N memiliki TDP sebesar 6 W.

CPU Gemini Lake

Intel Gemini Lake

Sedikit perbedaan lain yang diberikan pada Gemini Lake Refresh terletak pada laju clock menjadi lebih besar dari Gemini Lake yaitu 2,6 GHz hingga 3,2 GHz. Pasar utama keduanya ialah entry-level seperti perangkat tertanam (embedded), PC atau laptop berharga murah, serta perangkat PC atau IoT all-in-one.

Selain tidak melanjutkan produksi Gemini Lake, Intel juga berencana untuk mengakhiri produk berdesain Pentium pada 23 Oktober mendatang serta hanya melakukan penjualan sampai 2 April 2021. Untuk produk Celeron, pesanan akan berakhir pada 22 Januari 2021 serta melayani pengiriman terakhir pada 9 Juli 2021. Perusahaan asal Amerika Serikat itu akan meneruskan produksi dengan arsitektur Tremont.

Meskipun penjualan Intel Gemini Lake berakhir, Anda tentu tidak ingin beralih dari produk Intel lainnya. Hal ini tidak mengejutkan bahkan mungkin tidak menyurutkan popularitas perusahaan karena Intel sudah dikenal dengan prosesor canggih dan paling terpercaya di dunia, seperti Core i1o yang diumumkan pada tahun ini.

 

Leave a Reply

Send this to a friend