Facebook Messenger dan Whatsapp Cross Platform

Facebook Messenger dan Whatsapp Kemungkinan Bakal Mendukung Cross Platform

NESABAMEDIA.COMSebelumnya memang dikabarkan bahwa Facebook akan melakukan integrasi pada fitur Messenger dengan aplikasi perpesanan lain. Kabar tersebut sepertinya bakal benar-benar terjadi, dan hal itu berdasarkan penemuan yang dilakukan oleh seorang developer dengan akun @Alex193a. Saat melakukan reverse engineering pada aplikasi Facebook Messenger, dia menemukan sebuah kode yang berkaitan dengan Whatsapp.

Dari penemuan itu, diduga Facebook Messenger bakal mendukung cross platform dengan Whatsapp. Sehingga pengguna Facebook Messenger bisa melakukan komunikasi chat dengan pengguna Whatsapp melalui aplikasi masing-masing. 

Namun tentunya proses integrasi kedua aplikasi milik Facebook ini bakal membutuhkan proses yang lama. Sebab latar belakang dan sistem keduanya yang memiliki perbedaan cukup jauh. Terlebih Whatsapp memiliki fitur keamanan end-to-end yang membuat aplikasi tersebut hanya bisa digunakan pada satu device saja.

Akan tetapi integrasi kedua aplikasi itu juga bisa kemungkinan besar segera hadir. Pasalnya tim pengembang Whatsapp juga sedang bekerja keras membuat aplikasi itu bisa diakses untuk multi-device

Akun @Alex193a menunjukkan sebuah tabel database dari Facebook Messenger, yang menjelaskan fungsi pengelolaan perpesanan dan bagaimana aplikasi tersebut berjalan. Dalam tabel itu juga menyebutkan adanya sejumlah fungsi yang berkaitan dengan perilaku terhadap pengguna Whatsapp. Fungsi-fungsi tersebut antara lain yakni melakukan pemblokiran akun, pemberitahuan notifikasi, dan detail penerima pesan dari Whatsapp.

Facebook Messenger Reverse Engineering

Facebook Messenger Reverse Engineering

Lebih lanjut, proses yang terjadi nantinya adalah pesan dari Whatsapp itu tidak akan disimpan di server Facebook. Akan tetapi bakal ada fitur tambahan baru yang memungkinkan aplikasi Messenger bisa mengikuti protokol keamanan. Sehingga bisa memungkinkan terjadi cross platform antara Facebook Messenger dan Whatsapp.

Tidak diketahui dengan pasti, apakah Messenger tetap mengaktifkan fitur sinkronisasi, sebab hal itu bakal bertentangan dengan protokol keamanan di Whatsapp. Selama ini fitur sinkronisasi itu bisa memungkinkan pengguna Messenger untuk mengakses aplikasi tersebut di sejumlah perangkat dan platform berbeda. 

Pada tahun 2019 lalu Mark Zuckerberg memang membeberkan rencananya untuk melakukan integrasi dari aplikasi yang mereka miliki. Rencana itu merujuk pada integrasi ketiga aplikasi yakni Whatsapp, Facebook dan Instagram menjadi satu. 

Jadi isu ini bisa dianggap sebagai awal dari proses integrasi ketiga layanan itu, dimulai dari Facebook dengan Whatsapp terlebih dahulu. Sehingga kemungkinan besar, dalam waktu dekat bakal muncul isu integrasi dengan Instagram.

Leave a Reply

Send this to a friend