Muncul Glitch di Start Menu dan Taskbar Windows 11

Muncul Glitch di Start Menu dan Taskbar Windows 11

NESABAMEDIA.COMSaat Microsoft bersiap untuk merilis Windows 11 pada tanggal 5 Oktober nanti, raksasa perangkat lunak tersebut mengkonfirmasi adanya laporan kesalahan penting pada komponen utama, yakni Start Menu dan Taskbar dalam versi pratinjau Windows 11 yang tidak berfungsi untuk beberapa pengguna.

Masalah tersebut diketahui berdampak ke sejumlah pengguna yang berpartisipasi dalam program pengujian Windows Insiders di kanal Pengembang dan kanal Beta yang lebih stabil.

“Baru-baru ini, Windows Insiders di kanal Pengembang dan Beta mulai melaporkan bahwa Start dan Taskbar tidak responsif dan aplikasi Settings dan area lain dari Windows 11 tidak dapat dimuat,” tulis tim Windows Insiders di Microsoft dalam sebuah unggahan blog.

“Kami dengan cepat menemukan masalah yang bersumber dari penerapan sisi server yang masuk ke Insiders dan membatalkan penerapan itu. Jika anda terdampak oleh masalah ini, anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut untuk kembali ke kondisi yang memungkinkan perangkat untuk digunakan seperti sebelumnya.”

Masalah tersebut terjadi pada Windows 11 Insider Preview Build 22000.176 untuk kanal Beta dan kanal Pratinjau Rilis. Komponen yang mengalami masalah itu adalah elemen visual penting dari Windows yang telah mengalami perubahan besar pada Windows 11 di tengah keputusan Microsoft untuk mengesampingkan Windows 10X. 

Microsoft kini telah memberikan solusi sementara yang mungkin akan membuat bingung pengguna Windows secara umum. Namun, sebagian besar pengguna Windows akan menunggu versi ketersediaan umum pada bulan Oktober nanti.

  1. Gunakan CTRL-ALT-DEL dan pilih untuk membuka Task Manager.
  2. Pilih “More details” di bagian bawah Task Manager untuk memperluas Task Manager.
  3. Buka “File” dan pilih “Run New Task”.
  4. Ketik “cmd” dan klik “Open”.
  5. Copy kode berikut ini:

reg delete HKCU\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\IrisService /f && shutdown -r -t 0

Tekan enter, dan kemudian restart ulang perangkat PC. Setelah restart, seharusnya semua telah kembali normal.

Versi Pratinjau build Windows 11 menawarkan kontrol yang mudah diakses untuk menyematkan Pencarian, Tampilan Tugas, Widget, dan Chat ke Taskbar Windows. Apa yang terlihat atau tersembunyi dapat dikontrol dari klik kanan mouse pada Taskbar yang menampilkan “Pengaturan Taskbar”.

Sebagai informasi tambahan, Microsoft kemarin telah menjadikan Windows 10 21H2 dan Windows 11 tersedia untuk bisnis untuk pengujian sebelum rilis ke publik.

Dukungan gratis untuk build pratinjau ini akan membantu pelanggan bisnis menguji dan memvalidasi build sebelum ketersediaan umum Windows 11. Windows 10 21H2 juga kemungkinan akan dirilis sekitar bulan Oktober.

Ada persyaratan perangkat keras baru untuk Windows 11 yang berarti beberapa PC tidak akan langsung cocok ketika ditingkatkan, tetapi Windows 10 21H2 tersedia untuk perangkat ini.

Sistem operasi yang terakhir tidak dikemas dengan fitur dan perubahan baru seperti Windows 11, tetapi akan mencakup keamanan wi-fi yang lebih baik, autentikasi biometrik Windows Hello yang ditingkatkan, dan kemampuan Windows Subsystem for Linux untuk menggunakan perangkat keras grafis untuk kasus penggunaan pembelajaran mesin.

Leave a Reply

Send this to a friend