Munculnya Watermark Desktop di Windows 11 Pratinjau Bukan Berarti Lisensi Anda Tidak Valid

Munculnya Watermark Desktop di Windows 11 Pratinjau Bukan Berarti Lisensi Anda Tidak Valid

NESABAMEDIA.COMWindows 11 semakin dekat dengan peluncuran pembaruan fitur utama pertamanya, yang akan membawa banyak sekali peningkatan dan fitur yang dinantikan pengguna. Versi 22H2 kini sudah tersedia di saluran Beta, di mana Microsoft akan mengirimkan build yang lebih stabil dengan lebih sedikit bug. Itu artinya, lebih banyak pengguna telah siap untuk beralih dari build stabil ke pratinjau.

Namun, pengguna yang kurang pengalaman dan cenderung masih baru di program Windows Insider, mungkin akan kebingungan oleh efek samping yang tidak disadari, salah satunya yakni watermark yang muncul di desktop Windows 11 di sebelah pojok kanan bawah. Jangan panik dahulu, watermark yang muncul di sebelah pojok kanan bawah desktop itu bukan berarti tandanya lisensi Windows anda hilang.

Versi Windows modern biasanya akan menampilkan pesan permanen dengan pemberitahuan kritis langsung ke layar desktop. Misalnya, mematikan signature akan menyebabkan sistem memunculkan pesan ‘Test Mode’ di pojok kanan bawah.

Microsoft juga menggunakan watermark desktop ini untuk memberitahukan pengguna mengenai hardware yang lebih lama yang tidak memenuhi persyaratan minimal untuk menjalankan Windows 11. Kemudian juga salinan Windows yang tidak memiliki lisensi resmi akan memunculkan pengingat untuk mengaktifkan sistem operasi.

Dalam catatan rilis untuk Windows 11 Build 22593, yang kini sudah ada di saluran Beta dan Pengembang, Microsoft menjelaskan bahwa versi awal dari Windows di program Insider tidak akan mengubah lisensi perangkat anda. Untuk memastikan bahwa salinan Windows masih aktif, lakukan langkah berikut ini:

  1. Tekan Win+I untuk membuka aplikasi Settings.
  2. Buka System → Activation.
  3. Klik status Activation untuk melihat detail dari lisensi anda.

Perlu dicatat juga bahwa program Windows Insider bukanlah sebuah celah untuk bisa mendapatkan salinan Windows secara gratis. Anda masih membutuhkan kunci aktivasi yang valid untuk bisa menggunakan perangkat tanpa adanya gangguan. 

Terakhir, Microsoft mengingatkan juga bahwa anda tidak bisa menggunakan versi pratinjau dari Windows tanpa batas. Build Windows di saluran Pengembang, Beta dan Pratinjau Rilis, tidak seperti saluran produksi stabil, karena memiliki masa kadaluarsa, yang artinya anda harus memperbarui ke versi baru. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend