Netflix Kehilangan Jutaan Pelanggan, Harga Sahamnya Jatuh

Netflix Kehilangan Ratusan Ribu Pelanggan, Harga Sahamnya Jatuh

NESABAMEDIA.COMPada laporan pendapatan di kuartal pertama tahun 2022 ini, Netflix menginformasikan kepada para pemegang saham bahwa mereka telah kehilangan sebanyak 200 ribu pelanggan pada periode tersebut. Ini adalah catatan terburuk perusahaan sepanjang dekade, dalam hal kehilangan pelanggan mereka. 

Alasan utama dari catatan buruk ini termasuk karena para pengguna membatalkan langganan mereka demi menghemat uang, karena harga layanan Netflix yang terus naik dan semakin mahal. Ini juga disebabkan karena kebijakan perusahaan yang memutuskan untuk menghentikan bisnis mereka di Rusia. 

Pihak Netflix telah memperingatkan para pemegang saham bahwa jumlah pelanggan kemungkinan akan terus mengalami penurunan, namun mereka mengaku sudah memiliki langkah antisipasi, yakni dengan menindak akun yang berbagi kata sandi secara ilegal. Diperkirakan adalah sekitar 100 juta pelanggan yang membagi kata sandi akun mereka dan melanggar peraturan berlangganan Netflix. 

Dalam pernyataannya, CEO Netflix Reed Hastings mengatakan seperti berikut:

“Ketika kami bertumbuh dengan pesat, bukanlah sebuah prioritas untuk menangani masalah berbagi akun. Dan kini kami akan lebih ketat terhadap masalah ini. Masalah penggunaan berbagi akun yang cukup tinggi, dikombinasikan dengan tingkat persaingan dalam industri ini, menciptakan hambatan pertumbuhan pendapatan perusahaan,” terangnya. 

Netflix mengatakan bahwa mereka kehilangan sekitar 600 ribu pelanggan ketika memutuskan keluar dari Rusia, dan 700 ribu pelanggan di Amerika Serikat dan Kanada menghentikan langganan mereka karena kenaikan harga. Diproyeksikan, Netflix bakal kehilangan sekitar 2 juta pelanggan lagi di kuartal berikutnya. 

Meskipun sedang mengalami tekanan cukup berat, Netflix masih menjadi yang paling unggul dalam pasar layanan streaming film, dengan memiliki jumlah pelanggan mencapai 220 juta. Pihak Netflix juga mengatakan bahwa hasil yang didapat saat ini, masih sesuai dengan harapan perusahaan dan akan menghasilkan pendapatan yang lebih besar lagi di masa mendatang.

Laporan keuangan Netflix menunjukkan bahwa pendapatannya naik sebesar 9,8% menjadi $7,8 miliar, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Namun tren pertumbuhan ini sangat melambat dan labanya mengalami penurunan sebesar 6%. Kondisi ini mengakibatkan penurunan harga saham perusahaan secara signifikan sebesar 20%.

Tags:
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Send this to a friend