Windows 10 Versi 1.01

Nostalgia Dengan Emulator Windows 1.0, Rayakan Ulang Tahun Windows ke-35

NESABAMEDIA.COMWindows 1.0 – Ada banyak sekali versi dari sistem operasi Windows buatan Microsoft. Sistem operasi Windows sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari keberadaan perangkat komputer di dunia, sejak produk tersebut lahir. Tentunya, selalu ada pasang surut yang dialami oleh Windows. Titik balik paling besar yang menjadikan Windows hingga seperti sekarang ini adalah saat hadirnya Windows 95, layaknya sebagai pembuka jalan hingga hadirnya Windows 10 yang ada saat ini.

Akan tetapi keberadaan Windows versi awal yang muncul pada 35 tahun yang lalu itu juga tidak bisa dilupakan begitu saja. Lalu seperti apa rupa Windows versi awal saat dirilis tersebut? Mungkin emulator Windows 1.0 bisa menjawab pertanyaan itu.

Tidak banyak orang yang tahu tentang sosok Windows 1.0, namun tanpanya, mungkin tidak akan ada Windows 10 dengan fitur yang sangat kaya seperti saat ini. Dampak dari kehadiran Windows versi 1.0 itu sangatlah besar, dan banyak menyimpan sejarah perusahaan asal Redmond tersebut. 

Cara yang paling mudah untuk mengenal Windows versi 1.0 tersebut adalah dengan menggunakan emulator buatan PCj’s ini. Emulator ini memanfaatkan kode Javascript yang ada pada browser, dan semuanya bisa dikontrol menggunakan mouse virtual, mengantarkan kita kembali ke tahun 1985, saat di mana Windows baru dilahirkan.

"Tampilan

Ada banyak sekali hal yang bisa diungkap dari Windows versi paling awal itu. Pengguna dengan perangkat modern saat ini bisa melihat kembali bagaimana segalanya didesain di masa lalu, utamanya adalah soal tampilan antarmuka. 

Versi 1.0 telah memiliki daftar to-do list, yang bisa membantu pengguna untuk mempercepat apa yang bisa mereka lakukan dengan sistem operasi itu. Hal ini seperti sambutan selamat datang, seperti yang ada pada sistem operasi terkini saat ini.

Windows versi paling awal itu juga memiliki kemampuan untuk memuat sejumlah disk yang sebelumnya telah dimuat di disk drive A. Jika melihat kembali teknologi yang ada kala itu, disk drive dikhususkan untuk sebuah floppy disk yang memiliki kapasitas penyimpanan hanya sebesar 360 KB. Semua datanya disajikan dalam bentuk teks. 

Jika pengguna benar-benar ingat atau memahami sejarah dari Microsoft, sebenarnya emulator Windows ini adalah perwujudan dari Windows versi 1.0.1. Pasalnya, Windows versi 1.0 sebenarnya tidak pernah berhasil untuk dirilis oleh Microsoft, dan selamanya berada dalam tahap beta.

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend