Pembaruan Windows 10 Error File Explorer

Pembaruan Windows 10 Atasi Masalah Akut di File Explorer

NESABAMEDIA.COMWindows 10 nampaknya akan segera mendapatkan solusi untuk masalah yang sudah lama ada dan telah menjadi keluhan pengguna sejak beberapa tahun yang lalu. Masalah yang dimaksud adalah ketidakmampuan File Explorer ketika diharuskan menghapus sebuah file yang tengah dibuka oleh aplikasi lain di perangkat Windows 10. 

Secara default, sistem Windows 10 tidak mengizinkan pengguna untuk menghapus, mengubah nama, memindahkan file yang sedang dibuka oleh aplikasi lain. Jadi jika pengguna ingin memodifikasi file yang sedang dikunci oleh sistem itu, pengguna diharuskan melakukan identifikasi terlebih dahulu, dan kemudian menutupnya secara manual.

Dalam banyak kasus, File Explorer akan memberitahukan kepada pengguna bahwa file yang diminta sedang digunakan oleh Microsoft Word, atau aplikasi lainnya. Namun lebih seringnya, pengguna tidak mengetahui, aplikasi apa yang sedang mengakses file yang dipilih itu.

Sementara sering juga terjadi, meski aplikasi yang membuka file itu telah dimatikan, informasi file masih diakses aplikasi lain tetap saja muncul, dan pengguna pun tidak mendapatkan petunjuk jelas sama sekali. Proses yang terjadi di latar belakang, menjadi biang keroknya.

Windows 10 pun menghadirkan sebuah aplikasi yang bernama Process Explorer, untuk mengidentifikasi program mana saja yang sedang mengakses atau membuka file tertentu. Dengan aplikasi Process Explorer, pengguna bahkan juga bisa mengetahui hingga proses misterius dan DLL yang disembunyikan oleh sistem, sedang menggunakan file tertentu.

Namun sayangnya, aplikasi Process Explorer ini hanya bisa digunakan oleh pengguna tingkat lanjut, atau dalam hal ini para administrator. Pasalnya pengguna biasa pada umumnya, tidak akan mendapatkan tampilan yang ramah pengguna sama sekali. 

Sementara itu, Microsoft benar-benar memahami masalah yang ditimbulkan oleh ketidakmampuan File Explorer selama ini. Mereka pun berencana untuk mengembangkan sebuah solusi, yang akan dirilis melalui pembaruan PowerToys yang akan datang.

Karena selama ini mengunci dan menghapus beberapa file bisa memberikan dampak dengan program yang sedang digunakan, Microsoft berencana untuk menghadirkan aplikasi sejenis Process Explorer untuk pengguna umum, tentunya dengan tampilan antarmuka yang lebih ramah dan mudah untuk dipahami. Kemungkinan besar akan hadir pada pembaruan tahun depan

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend