Tampilan Antarmuka Windows 10 di PC

Tampilan Antarmuka Windows 10 Nantinya Akan Kembali Ke Era Windows 7 dan XP

NESABAMEDIA.COMWindows 10 sepertinya akan kembali ke tampilan versi lama seperti yang ada pada era Windows 7, Vista, dan XP. Pasalnya, Microsoft berencana untuk menghadirkan tampilan dengan ujung bulat untuk jendela yang terbuka di Windows 10. 

Hingga Windows 8 yang menggunakan tampilan berbasis Metro UI, Microsoft konsisten dengan tampilan baru bernama Aero dan juga jendela ujung bulat di semua aplikasi Windows. Namun, sejak hadirnya Windows 8, konsistensi itu mereka ubah dengan menjadikan bagian ujung jendela aplikasi berbentuk sudut tajam serta hadirnya live tiles. 

Berdasarkan klarifikasi resmi yang dirilis Microsoft melalui halaman Github, tampilan antarmuka di Windows 10 yang sedang dinantikan banyak pihak itu nantinya akan kembali ke masa lalu. Yakni, kembali menggunakan ujung bulat pada jendela aplikasi Windows. Namun untuk masalah implementasinya, akan diserahkan Microsoft sepenuhnya kepada pengembang aplikasi itu sendiri.

Dengan demikian, hal ini bisa diartikan bahwa pengguna akan mendapatkan kembali tampilan ujung bulat di aplikasi Windows 10 kedepannya, sebagai tampilan default atau bawaan saat pertama kali melakukan instalasi sistem operasi

Contoh dari penerapan tampilan ujung bulat yang baru itu, bisa dilihat dari sebuah desain mockup tampilan aplikasi Microsoft Teams, yang bocor beberapa waktu yang lalu. 

Tampilan Ujung Bulat Aplikasi Microsoft Teams

Tampilan Ujung Bulat Aplikasi Microsoft Teams

Dari gambar di atas, bisa kelihatan dengan jelas bahwa Microsoft benar-benar mengganti ujung sudut tajam seperti yang sebelumnya ada pada Metro UI di Windows 8. Perubahan desain ini merupakan bagian dari rencana perusahaan yang menginginkan suasana Fluent Design, seperti yang sudah dijelaskan dalam proyek di Github itu.

Tampilan ujung bulat ini seharusnya bisa dirilis setidaknya pada paruh kedua tahun 2021 mendatang. Namun seperti kebiasaan yang sudah dilakukan oleh Microsoft, nantinya akan dilakukan uji coba terlebih dahulu melalui program Windows Insider. Jika memang sesuai rencana, kehadiran tampilan antarmuka baru ini bisa mulai dinikmati pada pembaruan musim semi 2021, antara kuartal ketiga dan kelima tahun depan.

Perubahan mencolok lainnya yang juga sedang dikembangkan oleh Microsoft adalah pengguna icon aplikasi. Awal tahun ini, Microsoft menunjukkan adanya pembaruan bentuk icon baru untuk aplikasi di Windows 10 yang terlihat lebih berwarna dan melengkung. 

Leave a Reply

Send this to a friend