Windows 7 ESU Extended Security Updates

Windows 7 Akan Masuki Tahun Kedua Layanan ESU, Pelanggan Diharuskan Rogoh Kocek Lagi

NESABAMEDIA.COMExtended Security Update (ESU) – Windows 7 telah dimatikan dukungannya oleh Microsoft pada awal tahun ini. Ini berarti, perangkat yang masih menggunakan sistem operasi tersebut masih bisa digunakan, namun tidak akan mendapatkan dukungan keamanan dan pembaruan lagi. 

Jadi secara teori, tidak mendapatkan pembaruan keamanan berarti semua celah keamanan dan juga bug yang telah ditemukan tidak akan mendapatkan perbaikan dari Microsoft. Perangkat yang mengalami kerusakan sistem tidak akan mendapatkan perbaikan, sehingga ancaman masalah serius akan menjadi sangat besar.

Namun masih ada cara untuk tetap mendapatkan pembaruan itu. Sayangnya pengguna diharuskan mengeluarkan biaya tambahan untuk melakukannya. Microsoft merilis program Extended Security Updates (ESU). Program ini memungkinkan perusahaan besar yang butuh waktu untuk beralih ke sistem operasi yang lebih baru, namun tetap mendapatkan dukungan keamanan dengan sistem operasi yang lama, dalam hal ini Windows 7. Hingga mereka selesai melakukan migrasi ke Windows 10.

Jika melihat kebijakan Microsoft terkait masalah ESU ini, harga yang dikenakan setiap tahunnya terus mengalami kenaikan. Dan kini, ESU di Windows 7 telah siap memasuki tahun kedua. 

“Jika sebuah organisasi atau perusahaan tidak bisa mendapatkan pembaruan keamanan dengan sistem operasi yang lama, ESU bisa menjadi solusi. Membantu memberikan perlindungan keamanan sembari menunggu peningkatan versi Windows dan Windows server yang dilakukan selesai,” ungkap Microsoft.

“Sejauh ini sudah banyak perusahaan atau organisasi yang telah bermigrasi ke Windows 10 versi terbaru. Mereka pun telah mendapatkan perlindungan keamanan terkini, salah satunya dengan adanya antivirus Windows Defender, pengaturan kebijakan yang lebih banyak, dan juga fitur Windows Autopilot. Sementara perusahaan lain yang masih menggunakan Windows 7 dan telah berlangganan ESU tahun pertama, hanya akan mendapatkan tambahan pembaruan keamanan hingga tanggal 21 Januari 2021 saja,” tambah penjelasan dari Microsoft.

Dari pernyataan di atas, pengguna masih bisa mendapatkan pembaruan keamanan di Windows 7 hingga tanggal 22 Januari 2021. Setelah itu mereka diharuskan sudah meningkatkan ke Windows 10. Kalapun masih belum selesai dan masih menggunakan Windows 7, maka Microsoft kembali menawarkan ESU untuk tahun berikutnya, namun tentunya dengan tambahan biaya lagi. 

Namun yang perlu dicatat, jika perusahaan ingin mendapatkan ESU di tahun kedua, mereka harus sudah terdaftar sebagai pelanggan ESU tahun pertama. Karena Microsoft mengharuskan perusahaan untuk berlangganan semua versi ESU, yakni tahun pertama dan tahun kedua. Tentunya, biaya yang dikeluarkan pun akan semakin mahal. 

Bambang

Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense. 

Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website. 

Leave a Reply

Send this to a friend