OEM Prioritaskan Laptop Windows Ketimbang Chromebook

OEM Prioritaskan Laptop Windows Ketimbang Chromebook

NESABAMEDIA.COMBaik perangkat Chromebook maupun laptop Windows keduanya mengalami peningkatan penjualan sangat signifikan saat pandemi. Namun masalah kelangkaan komponen yang telah menyebar luas, memaksa pabrikan laptop untuk memilih platform mana yang akan diprioritaskan untuk dibuat. 

Pada kuartal kedua tahun 2021, sebanyak 12,3 juta perangkat Chromebook telah terjual dengan peningkatan mencapai 68,8 persen secara tahunan. 

Akan tetapi menurut Lenovo, masalah kelangkaan komponen yang meliputi memori dan IC driver panel notebook menyebabkan penjualan tersendat. Lenovo mengatakan mereka bisa saja menjual lebih banyak perangkat 30 sampai 40 persen jika tidak ada masalah pada pembatasan rantai pasokan. 

Karena masalah kelangkaan komponen itu, pabrikan PC kini memprioritaskan lini produksi mereka untuk perangkat laptop Windows yang dinilai lebih menguntungkan, dan meninggalkan Chromebook.

Chromebook memang terkenal lebih murah dibandingkan laptop Windows pada umumnya. CEO HP Enrique Lores mengakui bahwa laptop murah memiliki beberapa dampak pada harga penjualan rata-rata, dan itu mempengaruhi portofolio perusahaan. 

“Untuk Chromebook, meskipun permintaannya saat ini sangat tinggi dan bahkan memiliki jaminan penjualan di sektor edukasi, para penjual mulai memprioritaskan laptop Windows dengan margin yang lebih tinggi, mengingat masalah kelangkaan komponen yang sedang berlangsung,” ungkap analis di IDC.

Persaingan semakin sengit dengan diluncurkannya Windows 11 dalam waktu dekat, yang kemungkinan akan menciptakan siklus penggantian perangkat laptop Windows lama yang tidak lagi bisa menjalankan sistem operasi tersebut.

Google diyakini akan bertaruh cukup besar di segmen komersial tahun ini. Diharapkan akan ada fokus yang lebih kuat guna menarik bisnis yang lebih kecil dengan layanan yang telah diperbarui, seperti tingkat langganan yang baru untuk Google Workspace dan promosi di lisensi CloudReady sehingga perangkat lama bisa digunakan kembali bersama dengan lini Chromebook yang baru.

Sementara itu, Apple juga mencoba untuk memperluas kesuksesan dari M1 ke pasar komersial dan Microsoft meluncurkan Windows 11 akhir tahun ini. Persaingan sistem operasi diyakini akan benar-benar sangat sengit mulai tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Leave a Reply

Send this to a friend