Smartphone Konsep OnePlus 8T Berubah Warna

OnePlus Pamerkan Smartphone Konsep 8T Yang Bisa Berubah Warna

NESABAMEDIA.COMTahun lalu, OnePlus cukup mengejutkan banyak pihak dengan mengumumkan sebuah smartphone baru yang bernama OnePlus Concept One. Smartphone konsep OnePlus 8T ini akan membawa panel kaca electrochromic yang melapisi kamera bagian belakang. Panel kaca itu akan bisa menyembunyikan lensa kamera saat tidak digunakan, dan memunculkannya kembali saat hendak dipakai.

Kini, OnePlus kembali mengungkapkan konsep smartphone kedua mereka dalam OnePlus 8T Concept. Kali ini, seluruh bagian panel belakang akan menggunakan sebuah fitur yang diberi nama “Electronic Color, Material and Finish,” atau disingkat ECMF. Seperti halnya Concept One, fitur ini memungkinkan bagian belakang smartphone untuk bisa berubah tergantung kondisi tertentu.

Sayangnya, seperti halnya Concept One, smartphone konsep OnePlus 8T ini tidak akan dipasarkan kepada para konsumen untuk dibeli. Konsep ini hanya akan menjadi sebuah prototipe yang menunjukkan bahwa OnePlus mampu membuat teknologi semacam itu untuk smartphone mereka di masa mendatang.

Pada Concept One, yang bisa dilakukan pengguna dengan panel kaca electrochromic itu cukup sederhana, yakni adanya pilihan “on dan off”. Dengan fitur ECMF yang ada pada konsep 8T, maka teknologi yang dimiliki oleh OnePlus itu sangat potensial untuk banyak kegunaan.

ECMF menggunakan teknologi mmWave untuk membuat interaksi rendah latensi pada smartphone. Seluruh panel smartphone bisa berubah ketika ada sebuah panggilan atau munculnya notifikasi. Dalam penggunaan lainnya, OnePlus menunjukkan bahwa pengguna bisa melakukan latihan pernafasan dengan kamera belakang, dan kemudian panel belakang akan berubah secara dinamis menyesuaikan ritme pengguna. 

Secara teori hal ini bisa memungkinkan panggilan telepon dijadikan semacam alat monitor kesehatan.

Selain bagian panel belakang dan teknologi mmWave, smartphone konsep itu sama seperti dengan smartphone OnePlus 8T yang dirilis pada awal tahun ini. Karena teknologi ini hanya berupa konsep, untuk saat ini, masih belum jelas bagaimana atau kapan teknologi tersebut akan hadir di perangkat komersial.

Pada awal tahun ini, OnePlus membawa Concept One ke gelaran CES 2020. Namun karena gelaran CES dilakukan secara virtual, banyak pihak khususnya para wartawan mengetahui dengan pasti hal yang bisa dilakukan oleh teknologi itu. Mungkin juga OnePlus akan mengirimkan perangkat sampel, namun informasi ini masih belum bisa dikonfirmasi secar resmi.

Leave a Reply

Send this to a friend