• Our Partners:

Fitur Proteksi Data Pribadi OPPO ColorOS dan Android 11

OPPO ColorOS11, Tawarkan Fitur Perlindungan Data Pribadi Tingkat Lanjut

NESABAMEDIA.COMOPPO ColorOS11 – Masalah privasi pada perangkat ponsel menjadi isu paling krusial selama tahun 2020 ini, dan mungkin ke depannya. Banyak sekali kekhawatiran mengenai bagaimana data pribadi tersimpan di ponsel, dan aplikasi apa saja yang bisa mengaksesnya. Seperti aplikasi Sosial Media yang bisa memiliki banyak sekali akses ke data pribadi pengguna. 

Lebih dari sebelumnya, para pengguna pun kini jauh lebih menghargai data pribadi mereka dan berharap bisa memiliki kontrol yang lebih luas atas informasi yang mereka bagikan dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Hal ini membuka peluang baru dalam sisi keamanan siber, dan pasar harus bisa beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan ini.

Kemampuan untuk bisa memonitor dan mereview informasi data pribadi, bisa dibilang sebagai langkah yang cukup baik untuk memiliki kontrol dalam situasi semacam ini. Selama beberapa tahun belakangan, pengumpulan data pribadi ini berjalan dalam latar belakang aplikasi, tidak transparan. Fitur app permissions yang ada saat ini pun hanya berjalan sebagai monitoring, kebalikan dari proses yang terjadi di latar belakang. 

Google pun memahami, dengan hampir 80 persen ponsel di dunia menggunakan Android, maka masalah privasi ini pun tidak bisa dianggap sepele, dan mereka selalu menyematkan pembaruan keamanan privasi setiap update yang dirilis. Mereka bersikap agresif dengan menghapus aplikasi-aplikasi yang dianggap berbahaya, dan hal ini hanya sebatas strategi pertahanan saja.

Ketika Android 11 hadir dengan banyak peningkatan pada sisi keamanan data pribadi, adalah perangkat ponsel milik OPPO yang berhasil beradaptasi dengan baik. Fitur keamanan di Android 11 akan terintegrasi dengan baik dan hadir di perangkat OPPO melalui ColorOS 11. Dibangun di atas tren keamanan privasi dengan standar lebih tinggi, ColorOS 11 menawarkan sejumlah fitur keamanan seperti berikut ini pada para penggunanya :

Hide Apps

Tak hanya aplikasi yang bisa mengakses data pribadi, tetapi juga orang lain yang memegang ponsel anda. Di ColorOS 11, pemilik ponsel bisa menyembunyikan aplikasi dan menerapkan password sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya. 

Perlindungan Informasi Pribadi

Ada kalanya, sejumlah aplikasi tidak akan berjalan jika pengguna tidak memberikan izin akses. Fitur pada ColorOS 11 ini, bisa memungkinkan pengguna melewati proses pemberian izin ini. Lebih lanjut, ColorOS akan memberikan izin palsu berupa data kosong, untuk mengelabui permintaan akses dari aplikasi. 

Proteksi Pembayaran

Fitur ini bisa diandalkan untuk menjaga keamanan data pembayaran seperti nomor rekening pribadi. Caranya yakni dengan menempatkan aplikasi untuk pembayaran itu di tempat khusus, membuatkan portal, dan ColorOS akan melakukan pengaturan secara otomatis sebagai bagian dari proteksi.

Private Safe

OPPO pada ColorOS11 menyediakan fitur Private Safe, sebagai pilihan untuk menyimpan file-file penting. Pengguna bisa memasukkan gambar, video atau dokumen pribadi di Private Safe, dan kemudian menguncinya dengan password. Ini akan membuat file-file pribadi tadi tidak bisa diakses oleh aplikasi lain.

Leave a Reply

Send this to a friend